Home / Berita / Menko PMK, Buka Kongres Taman Siswa Ke 21

Menko PMK, Buka Kongres Taman Siswa Ke 21

Yogyakarta, sketsindonews – Mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani membuka kongres ke-21 Taman Siswa di Pendopo Taman Siswa Yogyakarta, Selasa (6/12).

Puan Maharani menyampaikan sejarah pendidikan di Indonesia, tidak bisa dilepas dari sejarah Taman Siswa yang dilahirkan pada 3 Juli 1922 lalu di Yogyakarta oleh Ki Hadjar Dewantara. Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar telah menorehkan sumbangsih pada dunia pendidikan dan telah berhasil meletakan dasar-dasar pendidikan nasional.

“Taman Siswa selain sebagai alat untuk perjuangan, juga sebagai kawah candradimuka dan tempat kaderisasi para pejuang bangsa. Di sinilah para kader bangsa berguru sebagai murid untuk menimba ilmu sekaligus mempraktikan dengan dilandasi nilai-nilai bangsa,” paparnya.

“Dari Ki Hajar, Tamansiswa menorehkan sejarah penting dasar pendidikan bagi Bangsa Indonesia dan menjadikannya alat perjuangan. Kawah Candradimuka untuk para kader perjuangan kemerdekaan Indonesia,” ungkap Puan di Pendopo Tamansiswa di Jalan Tamansiswa, Yogyakarta.

Kongres yang mengusung tema Vitalisasi Tamansiswa Mensukseskan Revolusi Mental, Menghasilkan Generasi Emas yang Berpekerti Luhur ini diharapkan untuk menghasilkan gagasan yang mampu menciptakan generasi yang cerdas dan cemerlang.

Ditambah lagi konsep dan ajaran Tamansiswa yaitu Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mbangun karso, tut wuri handayani.

“Prinsip dasar Tamansiswa ini menjadi antitesis dari pendidikan barat yang cenderung intelektualistik dan materialistik,” tutur Puan.

Soal Ketua Umum Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa, Prof Dr Sri Edi Swasono sebelumnya menyampaikan harapannya untuk menghadirkan Tamansiswa di Papua. Menanggapi hal ini, Puan mengatakan pihaknyaknya mendukung rencana itu.

“Insya Allah jika akan ada Tamansiswa di Papua seperti yang disampaikan Prof Edi, saya akan mendukung, kalau sudah ada saya akan hadir ke sana,” pungkasnya. (Kumara)

Check Also

Terdakwa Ijazah Palsu Dituntut 9 Tahun Denda 1 Miliar

Jakarta, sketsindonews – Kuasa hukum korban ijazah palsu yang diterbitkan Sekolah Tinggi Injili Arastamar atau …

Watch Dragon ball super