Home / Profile / Muspusdirla Goes To Campus
Direktur PPCB dan Permuseuman, Rektor UNS, Dekan Fakultas Ilmu Budaya, serta anggota dewan foto bersama didepan stand Muspusdirla seusai menyaksikan pameran. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)

Muspusdirla Goes To Campus

Solo, sketsindonews – Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, ikut serta dalam pameran “Museum Goes To Campus” yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya UNS di Solo (8/11).

Pameran yang rencananya akan berlangsung satu minggu dilaksanakan di gedung Auditorium kampus UNS Solo. Adapun jumlah peserta yang ikut dalam pameran kali ini kurang lebih ada dua puluh dua stand yang berasal dari Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Solo. Dari keduapuluh dua stand, satu diantaranya adalah dari Muspusdirla.

Pada kesempatan kali ini Muspusdirla menampilkan koleksi andalannya yaitu; Peluru Kendali SA-75, Triple Gun (Senjata penangkis serangan udara), Replika Pesawat WEL I RI X ditampilkan di out door, sedangkan yang di in door koleksinya berupa; foto dan benda yang dimiliki oleh para pahlawan nasional (Marsda anumerta A. Adisutjipto, Marsda anumerta Prof. Dr. Abdulrahman Saleh, Marsda anumerta Abdul Halim Perdanakusuma, Marsma anumerta Iswahyudi), 2 buah senapan mesin ringan yang digunakan oleh Pasukan Garuda Mulya, Paracuite Statik, Ovroll pakaian Pasukan Garuda Mulya, buku-buku sejarah terbitan Angkatan Udara, miniatur pesawat, audio visual, manekuin pakaian seragam TNI AU dan koleksi lain sebagai pendukung.

Menurut Kepala Muspusdirla Kolonel Sus Drs. Taibur Rahman, keikutsertaannya kali ini di pameran Museum Goes To Campus adalah: ingin memperkenalkan museum kepada para mahasiswa dan pelajar yang belum sempat berkunjung ke museum, sehingga timbul rasa kecintaan terhadap museum.

Ditambahkannya bahwa Museum sebagai gerbang budaya dan peradaban bangsa menjadi tempat untuk menggali berbagai ilmu pengetahuan di samping sebagai tempat untuk rekreasai, sehingga sangat tepat bagi para mahasiswa/pelajar untuk berkunjung. (Kumara)

Check Also

Mall Pejaten Village Gelar Pemilihan Model Berbakat

Jakarta, sketsindonews – Dalam rangka mengisi even diakhir pekan Mall Pejaten Village Jakarta Selatan gelar …

Watch Dragon ball super