Pasar Tradisional : Jokowi Targetkan 5.000 Pasar Bagi Mamak Mamak

Jakarta, sketsindonews – Ingat Mama Yuliana Pigay? Dialah yang menyerahkan surat kepada Presiden Jokowi mewakili para mama-mama Papua. Para pedagang kecil itu mendambakan pasar yang sesuai dengan keinginan mereka.

Jokowi mewujudkan mimpi mereka. Dia membangun pasar mama-mama di Papua yang megah di Jayapura yang diresmikan pada 7 Maret 2018. Ada 275 mama-mama Papua yang bisa berdagang di sana, salah satunya Mama Yuliana Pigay.

Selain di Papua, Jokowi mencanangkan revitalisasi pasar-pasar di seluruh Indonesia. Dia juga berharap jangan sampai pasar rakyat kalah dengan supermarket atau mall.

“Tidak bayar pajak yang tinggi, tidak bayar listrik yang tinggi, mestinya dagangannya bisa bersaing,” kata Jokowi saat blusukan pasar di Pasar Manis, Purwokerto beberapa waktu yabg lalu.

Sementara Enggartiasto Lukito, Menteri Perdagangan dan Perindustrian, menyatakan sampai tahun telah terbangun 2.710 unit pasar rakyat baik bangun baru maupun renovasi dari target 5.000 pasar hingga 2019.

“Dalam Nawacita 5.000 unit, baik revitalisasi maupun renovasi, kalau asumsi tiap tahun 1.000 unit, maka anggaran yang ada harus bisa. Tapi saya yakin tahun 2018 kita sudah bisa mengejar lebih dari 4.000 unit. Dengan demikian 2019 bisa lebih 5 ribu,” kata Enggar di Gedung Bina Graha Kantor Staf Presiden (KSP), sumber informasi istana.(20/11)

Enggar menyebutkan bahwa terjadi peningkatan omzet sebesar 24,38% di 77 pasar yang telah dibangun sejak 2015.

“Setiap renovasi dan revitalisasi pasar, omzet pasti meningkat. Semula meningkat tajam Pasar Induk Denpasar Bali, itu diolah bersih, tidak bau dan koridor bisa duduk. Tetapi omset meningkat tajam di Bengkulu Utara dari renovasi dilakukan,” tambah dia.(**)