Home / Traveling / Budaya / Pawai Budaya Padukuhan Gowok 2016: Tampilkan Generasi Penerus.

Pawai Budaya Padukuhan Gowok 2016: Tampilkan Generasi Penerus.

Yogyakarta, sketsindonews – Ribuan Warga Gowok dan Ambarukmo tumpah ruah menyaksikan jalanya Pawai Budaya 2016, yang digelar Padukuhan gowok, Minggu 30/10. Acara tersebut dalam rangka momentum Sumpah pemuda yang ke-88 yang bertempat di SD Nogopuro, Nolobangsan, Catur Tunggal.

Ketua RT drg. Andi Triawan bersama warga saat foto bersama usai pawai, minggu, 30/10 (dok. sketsindonews.com)
Ketua RT drg. Andi Triawan bersama warga saat foto bersama usai pawai, minggu, 30/10 (dok. sketsindonews.com)

Ketua RT 12, RW 05, Bpk. Drg.Andi Triawan disela-sela acara menyampaikan bahwa, keikutsertaan Blpk C RT 12 RW 05, adalah bentuk partisipasi dan sekaligus Loyalitas sebagai warga terhadap kegiatan pawai yang digelar oleh padukuhan Gowok.

“Selain itu bahwa Mengingat even ini juga terkait dengan budaya bangsa Indonesia, maka harus kita ramaikan, lebih-lebih diselenggarakan di yogyakarta, yang terkenal sebagai kota budaya,” paparnya.

Lebih lanjut Ketua RT, yang berprofesi sebagai Spesialis Dokter Gigi tersebut juga memberikan apresiasi kepada padukuhan Gowok, bahwa kegiatan pawai budaya ini merupakan hal yang positif dan bermakna.

“Apalagi Even ini bersamaan dengan momentum sumpah pemuda, yang secara otomatis adalah untuk meningkatkan jiwa Nasionalisme dan semangat juang, dan ini merupakan wujud kecintaan kepada NKRI,” ujarnya.

Sementara itu Koordinator pawai ibu Hartiningsih yang biasa disapa Nok Ning, menyampaikan bahwa dari 22 kelompok pawai yang tergabung dalam pawai padukuhan Gowok 2016, hanya Blok C, RT 12 satu satunya yang menampilkan generasi penerus, yaitu anak-anak yang mayoritas masih duduk dibangku Klas SD.

Sementara kelompok pawai lainnya menampilkan pemuda pemudi dan bahkan mayoritas orang dewasa, ini menunjukkan bahwa RT 12, Blok C, selain tampil beda juga memberikan sebuah motivasi tersendiri kepada anak-anak yang bersifat edukatif.

“Karena mereka merupakan generasi penurus yang mampu meneruskan perjuangan tokoh -tokoh pendiri bangsa ini,” imbuhnya.

Nok Ning berbarap, anak-anak blok C RT 12, sebagai generasi penerus yang mempunyai semangat juang yang hebat tanpa batas, dan tentu menjadi anak yang berhasil dimasa depan ya.

Pawai budaya sepanjang 1 km, yang menempuh jarak 3 km itu diawali dengan ucapan selamat datang dari kepala padukuhan Gowok, Bpk. H. Pujo Wiranto, dan laporan Ketua Panitia Bpk. Joko Sisetiyono tersebut, dimeriahkan berbagai hiburan menarik diantaranya Gejog Lesung, Hadrah, Bergodo, Drambund, Jatilan, Barong Say, Ogoh Ogoh, Warok Wiro Budoyo, dan sebagainya. (Kumara)

Check Also

Pasar Juga Tempat Mengekspresikan Seni

sketsindonews – Pasar identik dengan kotor, bau, sampah, lalu lintas yang kacau, penataan yang kurang …

Watch Dragon ball super