Home / Artikel / Pelatihan Buku E-Pub Untuk Tunanetra Disosialisasikan di Yogyakarta

Pelatihan Buku E-Pub Untuk Tunanetra Disosialisasikan di Yogyakarta

Jakarta, sketsindonews – DPP Pertuni (Persatuan Tunanetra Indonesia), bersama Yayasan Mitra Netra, Pusat Layanan Disabilitas (PLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Yayasan Damandiri akan menyelenggarakan “Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Buku Elektronik (E-Pub) untuk Tunanetra.

Kegiatan yang akan dilaksanakan di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tanggal 29 April 2017 ini merupakan kota kedua dalam rangkaian sosialisasi dan pelatihan yang akan dilaksanakan di berbagai wilayah di Indonesia.

Pembukaan acara Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Buku Elektronik (E-Pub) untuk Tunanetra di wilayah Yogyakarta akan dihadiri oleh Gubernur DI. Yogyakarta, Walikota Yogyakarta, serta perwakilan DPRD Yogyakarta.

Sebagaimana warga negara Indonesia pada umumnya, penyandang tunanetra juga memiliki hak yang sama, salah satunya hak untuk berekspresi, berkomunikasi, dan memperoleh informasi, ujar Ketua Pertuni Aria Indrawati.(27/4)

Hal ini telah diamanahkan pada Pasal 24 huruf b pada UU no.8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas yang menyebutkan, “Hak berekspresi, berkomunikasi, dan memperoleh informasi bagi penyandang disabilitas meliputi hak untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi melalui media yang mudah diakses”.

Aria menambahkan, salah satu bentuk media yang dapat diakses oleh tunanetra untuk memperoleh informasi, yaitu buku-buku dengan format yang aksesible, seperti buku Braille, buku audio, serta buku elektronik yang dapat dibaca oleh perangkat lunak pembaca layar pada komputer dan telepon pintar yang dimiliki tunanetra.

Untuk meningkatkan fasilitasi akses buku bagi tunanetra, di akhir tahun 2016, Yayasan Mitra Netra telah meluncurkan perpustakaan buku digital online yang diberi nama Pustaka Mitra Netra (www.mitranetra.web.id).

reporter : nanorame

Check Also

Ingub No.10 Tahun 2016 Percepatan Johar Baru Hanya Menguntungkan Pihak Ketiga

Jakarta, sketsindonews – Anggota DPRD DKI Jakarta sekaligus politisi partai Hanura Veri Yonevil saat menyinggung …

Watch Dragon ball super