Home / Artikel / Penyidikan Tak Terbukti, Ahok Bisa Ajukan Praperadilan Penetapan Tersangka

Penyidikan Tak Terbukti, Ahok Bisa Ajukan Praperadilan Penetapan Tersangka

Jakarta,sketsindonews – Gubernur non aktif Basuki Tjahyadi Purnama (Ahok) hari ini diputuskan Mabes Polri sebagai tersangka dalam kasus penistaan agama.

Dalam pengamatan pakar Ahli Pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar kepada sketsindonews. com menyatakan, Bareskrim sdh tepat, karena secara yuridis sudah cukup alasan untuk menyatakan “Ahok” sebagai tersangka, ujarnya.(16-11-2016)

Indonesia sebagai negara hukum sudah diwakili olen Kepolisian sebagai penyelidik, penyidik dan Jaksa sebagai penuntut umum dalam suatu perkara pidana mewakili orang atau masyarakat korban apa yang sudah dikatakannya.

Namun demikian tambah Fickar, dalam tingkat penyidikan maupun penuntutan jika ternyata bukti bukti untuk menuntut tersangka kurang lengkap, maka penyidik atau penuntut umum dapat menghentikan perkara penyidikan atau penuntutan dengan cara pihak penyidik mengeluarlan SP3/SKP2.

“Ahok dpt mengajukan praperadilan atas penetapannya sebagai tersangka.”

Kita tahu praperadilan adalah fungsi kontrol terhadap tindakan – tindakan penegak hukum polisi atau jaksa dlm menggunakan kewenangannya dlm “upaya paksa”(tangkap, tahan, sita dan geledah).

Dia menambahkan, praperadilan “tidak dapat membebaskan” tindakan tersangka, karena praperadilan hanya menguji prosedural saja terkait kasus hukum, paparnya.
Menyoal hal lain Abdul Fickar Hadjar terkait Ahok sebagai calon Gubernur dalam pemilukada DKI, maka status sebagai cagub DKI tidak hapus.

UU Pemilu menjabarkan, baru dapat menggugurkan jika Ahok sudah berstatus sebagai narapidana dengan putusan pidana yg ancamannya 5 tahun keatas dan telah mempunyai kekuatan hukum yang mengikat.

“Tidak bisa dihindarkan dalam kasus ini dari tekanan publik demontrasi 411, hal ini di sebabkan terjadi karena kurangnya responsibilitas penegak hukum dalam hal pihak kepolisian menyikapinya secara cepat, tambah Fickar.(Nr)

Check Also

Sangat Sulit LHP DKI 2018 Dapat WTP Dari BPK

Jakarta, sketsindonews – Pengamat kebijakan publik Amir Hamzah memprediksi opini yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan …

Watch Dragon ball super