Pesawat Latih Jenis KT 1 Woong Bee “Terbakar” di Landasan Adisutjipto

Yogyakarta, sketsindonews – Kamis (17/11) Pukul 09.20 pesawat pesawat latih jenis KT 1 Woong Bee buatan Jerman yang biasanya dipakai untuk latihan Sekbang  TNI Adisutjipto, mengalami trouble engine yaitu  fire detector light menyala.   Pesawat dengan penumpang satu Pilot dan siswa ini akan segera melaksanakan landing (request direct landing). Mereka sedang melaksanakan latihan rutin mengambil latihan diatas Aerodrome Lanud Adisutjipto.

Pilot Pesawat KT 1 Woong Bee mendapat pertolongan dari Tim Penanggulangan Kecelakaaan Lanud Adi Sutjipto dalam simulasi upaya evakuasi kecelakaan pesawat diRun Way Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta (Dok. Pentak Adisutjipto)
Pilot Pesawat KT 1 Woong Bee mendapat pertolongan dari Tim Penanggulangan Kecelakaaan Lanud Adi Sutjipto dalam simulasi upaya evakuasi kecelakaan pesawat diRun Way Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta (Dok. Pentak Adisutjipto)

Tower Base Ops Lanud Adisutjipto merespon berita emergency dari pesawat yang mengalami gangguan dan segera menginstruksikan melaksanakan pendaratan tersebut dengan melaporkan ke Kadisops dan ke Komandan Lanud Adisutjipto. Seluruh jajaran yang terkait di Lanud Adisutjipto segera siap siaga sesuai bidangnya masing-masing. Pada pukul 9.27 WIB akhirnya pesawat mendarat dengan mesin terbakar landasan.

Latihan creasteam melibatkan kurang lebih 300 anggota baik langsung maupun pendukung, 2 pemadam kebakaran, 5 ambulan, Didukung oleh PKP-PK Bandara, Paskhas, Ambulance baik dari Lanud Adisutjipto, Bandara maupun Ruspau Hardjolukito serta TimRecovery dari Skadik 102, Base RescueLanud Adisutjipto segera menyelamatkan penerbang dan pesawat.

Jajaran Satpom, dan Intelpam Lanud Adisutjipto mengamankan lokasi kecelakaan sedangkan jajaran Pentak turut dalam pengamanan informasi dan dokumentasi terutama berkoordinasi dengan wartawan.  Dalam kejadian tersebut api dapat segera dipadamkan dengan waktu kurang dari 10 menit. Awak pesawatnya pun dapat diselamatkan dan dievakuasi ke RS Hardjolukito untuk mendapat perawatan. Demikian sedikit gambaran skenario kecelakaan dalam LatihanCrash Rescue Team yang dilaksanakan di Lanud Adisutjipto.

Beberapa hari sebelumnya Sie Base And Rescue dibawah Dinas Operasi Lanud Adisutjipto menggelar latihan pemadam kebakaran kepada seluruh anggota. Kegiatan yang dilaksanakan setelah apel pagi, Rabu (16/11) . Kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Operasi lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah di depan Baseops Lanud Adisutjipto.

Sebelum pelaksanaan kegiatan, dalam pengantarnya Kadisops mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan latihan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan dasar kepada seluruh anggota Lanud Adisutjipto dimanapun dan kapanpun bahaya kebakaran mungkin akan terjadi di satuan masing-masing. Untuk itu perlu adanya pemberian penggetahuan pada anggota tentang penggunaan alat pemadam kebakaran portable yang selama ini sudah terpasang di setiap kantor, sehingga apabila terjadi kebakaran, anggota akan cepat melakukan pertolongan awal pada lokasi kebakaran.

Kadisops  Lanud Adisutjipto, Kolonel Pnb Indang Gilang. G selaku penanggung jawab Latihan Crash Rescue Team, di TKP menjelaskan bahwa latihan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman bagi anggota atau jajaran yang ada di Lanud Adisutjipto terhadap pelaksanaan penanggulangan kebakaran pesawat terbang dan penyelamatan awak pesawat. (Kumara)