Home / Berita / Sekolah Penerbang TNI Terpadu A-93 dibuka
Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, MM, mewakili Dankodiklatau Marsda TNI Eko Supriyanto, SE, MM menyematkan tanda siswa Sekbang pada acara Pembukaan Pendidikan Sekbang TNI Terpadu A-93 di Wisma Adisutjipto Lanud Adisutjipto. (Dok. Lanud Adisutjipto)

Sekolah Penerbang TNI Terpadu A-93 dibuka

Yogyakarta, sketsindonews – Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, MM, mewakili Komandan Kodiklatau Marsekal Muda TNI Eko Supriyanto, SE, MM,  secara resmi membuka Pendidikan Sekolah Penerbang TNI Terpadu Angkatan Ke-93 di Wisma Adisutjipto Lanud Adisutjipto, Selasa (1/11).

Siswa Sekbang tersebut diikuti oleh ketiga Matra berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 43 siswa lulusan AAU, 2 lulusan AAL, dan 5 lulusan Akmil.

Komandan Kodiklatau dalam sambutanya yang dibacakan Komandan Lanud Adisutjipto menyampaikan bahwa Sekolah Dasar Kecabangan Penerbang ini, merupakan kehormatan sekaligus kebanggaan bagi para siswa sekalian, karena profesi Penerbang mempunyai prospek yang baik bagi saudara dalam meniti karir kedepan, dan pengabdian kepada Bangsa dan Negara, melalui Penerbang TNI.

“Kita semua harus bangga bahwa berawal dari sekolah Pendidikan Dasar Kecabangan ini telah tercipta Penerbang Militer yang handal, dan tidak kalah dari Negara atau bangsa lain di dunia. Oleh karena itu, diharapkan kepada para siswa sebagai generasi penerus Penerbang Militer dimasa depan, harus lebih berkualitas dan professional,” ujarnya.

Lebih lanjut Komandan Kodiklatau juga berpesan kepada para siswa agarmampu memanfaatkan kesempatan ini untuk menimba dan mengasah pengetahuan, kemampuan serta ketrampilan sebagai penerbang.

Untuk itu, wujudkanlah dengan belajar sungguh-sungguh, patuhi segala aturan di lembaga pendidikan ini, serta lakukan dengan disiplin yang tinggi.

Direncanakan, pendidikan di Sekolah Penerbang akan ditempuh selama  16-19 bulan dengan tahapan pendidikan Bina Kelas (Ground School) di laksanakan di Skadik 104 sebanyak 1548 jam pelajaran, tahapan bina terbang sebanyak 181 jam terbang.

“Tahap Latih  Dasar dengan pesawat latih Grob dilaksanakan di Skadik 101, sedang tahap Latih Lanjut menggunakan pesawat KT-1 B dilaksanakan di Skadik 102 dan juga mengunakan pesawat colibri,” jelasnya.

Hadir dalam Upacara Pembukaan Pendidikan Sekbang Terpadu Angkatan ke 93 diantaranya adalah  Ka Ruspau Hardjolukito Marsma TNI  dr. Didik, Para pejabat dari Mabes TNI, Kodiklatau dan AAU serta para pejabat di lingkungan Lanud Adisutjipto. (Kumara)

Check Also

Buka Kesempatan Jadi PNS, Pemprov DKI Jakarta Lakukan Ini

Jakarta, sketsindonews – Dalam rangka memfasilitasi para akademisi yang akan memasuki dunia kerja, Pemerintah Provinsi …

Watch Dragon ball super