Home / Berita / Aksi May Day, Menaker: Sering Demo Buat Orang Mual
Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri saat melakukan orasi dalam aksi May Day, senin (01/5).

Aksi May Day, Menaker: Sering Demo Buat Orang Mual

Jakarta, sketsindonews – Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI, Hanif Dhakiri ingatkan buruh agar tidak terlalu sering melakukan aksi demo. Hal tersebut diutarakan Hanif saat ikut memperingati hari buruh internasional (May Day) di lapangan eks Senanyan Golf Driving Range, Jakarta, Senin (01/5).

Tidak melarang berdemo selama tidak berelebihan, Hanif yang naik ke panggung untuk berorasi justru lebih mengharapkan agar buruh dapat lebih memperkuat di sektor perusahaan

“Keseringan demo membuat orang mual-mual, jangan bertumpu mulu pada itu,” kata Hanif.

Terkait serikat kerja, Hanif menyoroti menurunnya anggota atau buruh yang tergabung pada serikat. “Faktanya pekerja kita yang menjadi anggota serikat itu menurun drastis,” ungkapnya.

Dari 3,4 juta 2007, menurut Hanif saat ini cuma 2,7 juta yang menjadi serikat buruh.

“Saya dengar di media ada yang bilang, ‘kita akan turunkan 5 juta buruh’. 5 juta dari Hong Kong. Yang terdata aja hanya 2,7 juta kok,” ujarnya.

Berkurangnya anggota serikat buruh, ditambahkannya juga harus menjadi perhatian semua pemangku kepentingan. Dia juga menginginkan agar semakin banyak buruh yang berserikat.

“Makin banyak buruh yang berserikat. Makin banyak gerakan, buruh berhasil,” tuturnya.

Selain itu, dalam peringatan May Day ke depan, dia ingin agar moment tersebut mempunyai daya tarik di bidang pariwisata, hal tersebut dimaksud agar aspirasi buruh lebih didengar publik.

Dia bahkan mengajak agar peringatan May Day Tahun depan dipersiapkan dari tahun ini. “Yang penting, kalau menarik dari sisi pariwisata akan ada orang datang menonton, Anda semua bisa berkampanye, menyampaikan pesan. Kalau sekarang buruh demo orang pergi mau sampaikan ke siapa? Burung yang beterbangan,” jelasnya.

Lebih lanjut, dengan kemasan peringatan May Day yang menarik, Hanif berharap masyarakat dari berbagai daerah hadir di pusat kota. “Dan saya harap reputasi buruh makin cakep,” tandasnya. (Eky)

Check Also

Sang Heroik “Joni” Panjat Tiang Bendera Undangan Khusus Nonton Asian Games 2018

Jakarta, sketsindonews – Aksi heroik siswa SMP bocah NTT Yohannes Ande Kala menyita perhatian Presiden …

Watch Dragon ball super