Home / Profile / Tahun Ini, Andar Targetkan Nahum Situmorang Jadi Pahlawan Nasional
Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Goverment Againts Corruption & Discrimination (GACD), Andar M Situmorang.

Tahun Ini, Andar Targetkan Nahum Situmorang Jadi Pahlawan Nasional

Jakarta, sketsindonews – Keinginan besar menjadikan salah satu seniman Sumatera Utara, Nahum Situmorang menjadi Pahlawan Nasional terus ditunjukkan oleh Ketua Yayasan Komponis Guru Nahum Situmorang yakni Andar M Situmorang.

Sebelumnya, upaya tersebut telah dilakukan tahun lalu dengan mengajukan kepada Presiden melalui Kementerian Sosial (Kemenaos), namun tidak dapat terpenuhi, harus membawa surat rekomendasi dari Bupati Samosir dan Gubernur Sumatera Utara.

“Nah kemaren saya sudah bikin surat kepada Bupati dan Gubernur agar diterbitkan rekomendasi,” kata Andar kepada sketsindonews.com, di Jakarta, Jumat (21/7).

Bertepatan dengan Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang (OTS) yang akan dilakukan di Desa Urat, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu 22 Juli 2017, besok, dengan Edwin P Situmorang sebagai Ketua Panitia, Andar berharap surat rekomendasi tersebut bisa didapatkan.

“Saya sebagai ketua yayasan komponis guru nahum situmorang mengucapkan selamat, semoga pembangunan dan merehap tugu yang dipimpin oleh Edwin Pamimpin Situmorang, Irjen Rikki Sitohang dan Ketuanya Siringoringo, aman terkendali,” ucapnya.

“Sekaligus saya minta kepada Edwin Pamimpin situmorang termasuk Buntora Situmorang dan Rikki Sitohang supaya meminta surat rekomendasi dari Bupati Samosir dan Gubernur Sumatera Utara,” tambahnya.

Saat ini, menurut Andar yang sangat dibutuhkan adalah surat rekomendasi tersebut, untuk dapat melengkapi permohonannya kepada Presiden melalui Kemensos. Sehingga tepat pada 10 November 2017 mendatang yang jug bertepatan dengan Hari Pahlawan, Nahum Situmorang ditetapkan menjadi Pahlawan Nasional bidang Seni Budaya

Selanjutanya, jika Nahum telah resmi menjadi Pahlawan Nasional, kata Andar akan dibangunkan Prasasti di Desa Urat, serta Kuburannya akan dipindahkan ke Makam Pahlawan Medan, Sumatera Utara. “Sekarang itu di jalan gajah mada mau di gusur,” ungkap Andar.

Profil singkat Nahum Situmorang

Nahum Situmorang adalah penyanyi kelahiran Sipirok, 14 Februari 1908 silam, yang sudah memulai karir sejak duduk dibangku Sekolah Dasar (SD).

Nahum merupakan putra dari Guru Kilian Situmorang, sebagai anak ke-5 dari 8 bersaudara yang mengenyam Pendidikannya terakhir di sekolah guru Kweekschool di Lembang, Bandung, lulusan tahun 1928.

Masih pada tahun 1928, Nahum turut dalam barisan Perintis Kemerdekaan, sebagai anggota kongres dan mengikuti sayembara untuk menciptakan lagu kebangsaan. Dimana Sayembara tersebut dimenangkan oleh WR Supratman, sementara Nahum mendapatkan tempat kedua.

Selanjutnya, pada tahun 1929, Nahum bekerja pada sekolah partikelir Bataksche Studiefonds di Sibolga hingga tahun 1932. Kemudian pindah ke Tarutung untuk bergabung dengan abangnya Guru Sophar Situmorang dan mendirikan HIS-Partikelir Instituut Voor Westers Lager Onderwijs yang berlangsung hingga kedatangan Jepang pada tahun 1942.

Pada akhir tahun 1966 Nahum jatuh sakit dan dirawat di RSUP Medan selama hampir 3 tahun hingga akhirnya menghembuskan nafasnya yang terakhir pada tanggal 20 Oktober 1969.

Karya Nahum Situmorang

Kurang lebih 171 lagu yang telah diciptakan oleh Nahum semasa hidupnya. Adapun beberapa karyanya yang sangat dikenal adalah: Alusi Ahu; Anakhonhi Do Hasangapon Di Ahu; Ansideng Ansidoding; Beha Pandundung Bulung; Da Na Tiniptip Sanggar; Dengke Julung Julung; Dijou Ahu Mulak Tu Rura Silindung; Ee Dang Maila Ho; Ketabo-Ketabo; Lissoi; Marhappy-Happy Tung So Boi; Malala Rohangki; Marombus Ombus; Nahinali Bangkudu; Nasonang Do Hita Nadua; Nunga Lao Nunga Lao; O Tao Toba; Pulo Samosir; Sai Gabe Ma Ho; Sai Tudia Ho Marhuta; Sega Na Ma Ho Sitogol; Tumba Goreng; Utte Malau.

(Eky)

Check Also

Jelang Tuntutan Korban Minta Terdakwa Ijazah Palsu ‘Ditahan’

Jakarta, sketsindonews – Memasuki babak akhir kasus ijazah palsu di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN …

Watch Dragon ball super