Home / Artikel / Anies Bicara Jajaran Pejabatnya Tidak Berani Ambil Putusan

Anies Bicara Jajaran Pejabatnya Tidak Berani Ambil Putusan

Jakarta, sketsindonews.- Akhirnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengkritik jajaran pejabatnya minimnya keberanian jajarannya di Pemprov DKI dalam mengambil keputusan dalam program percepatan pembangunan.

Sebelumnya Anies banyak di kritik para penggiat aktivis terkait dirinya lambat dalam rotasi mutasi jabatan di lingkungan jajaran pemprov DKI untuk melakukan cuci gudang peninggalan masa lampau terhadap beberapa posisi Kepala Dinas.

Kata Anies kepada awak media Kepala Satuan Kerja Perangkat d
daerah (SKPD) selalu menyerahkan keputusan kepapda Gubernur.

“Di DKI, keputusan level kepala bidang dilimpahkan Kepala Dinas, Kepala Dinas dilimpahkan kepada Gubernur. Nah kalau tidak ada keberanian mengambil keputusan, maka program-program kita akan terbatas sekali pelaksanaannya.

Itu saya lihat udah lama,” kata Anies di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, (5/12)

Anies mengaku telah mengamati kinerja para kepala dinas selama setahun masa kepemimpinannya.

Cara ini sudah berlangsung sejak kepemimpinan Gubernur-Gubernur terdahulu.

“Salah satu hal yang saya amati perjalanan satu tahun di Pemprov (DKI) adalah kebanyakan ingin melimpahkan semua keputusan kepada Gubernur. Meskipun wewenangnya ada pada Kepala Dinas,” ujarnya.

Oleh karena itu, dalam seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama yang baru digelar Pemprov DKI, Anies mencari sosok yang berani mengambil keputusan.

Ia menargetkan lelang jabatan untuk kepala dinas selesai tahun ini.

“Prosesnya sudah jalan, wawancara sudah, kemudian beberapa hasilnya sudah sampai ke saya. Tapi baru beberapa belum semuanya. Sebelum ya pertengahan paling telat udah beres semua Desember ini,” ujar Anies.

Ada 14 jabatan dengan golongan pangkat IV/c dan IV/b yang dibuka pendaftarannya.

Dua di antaranya dibuka secara nasional yakni Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Adapun yang dibuka untuk lingkungan DKI yakni Kepala Badan Kepegawaian Daerah; Kepala Dinas Perindustrian dan Energi; Kepala Dinas Kehutanan; Kepala Dinas Bina Marga; Kepala Dinas Pendidikan; Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik.

Kemudian Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman; Kepala Dinas Kesehatan; Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Sekretariat Daerah; Kepala Biro Administrasi Sekretariat Daerah; Wakil Walikota Jakarta Timur; dan Wakil Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.

Ke-14 jabatan itu saat ini masih diisi pelaksana tugas (Plt)

reporter : nanorame

Check Also

Kader JKN Pelajari Soal Selisih Biaya

Jakarta, sketsindonews – Kader Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan mitra BPJS Kesehatan untuk berhubungan langsung …

Watch Dragon ball super