Armada Dinas Kebersihan Menjadi Barang Rongsokan Di PIK

Jakarta, sketsindonews – Armada kendaraan dinas kebersihan terlantar di lingkungan penggilingan, Cakung, tepatnya tak jauh dari Pusat Industri Kecil (PIK), Jakarta Timur. Perawatan mobil dinas yang kurang maksimal terhadap mesin dan komponen truk pengangkut sampah diduga jadi penyebab utama body kendaraan rentan rusak total dan tidak berfungsi dengan baik.

Akibatnya jumlah truk pengangkut sampah terbatas dan terkendala untuk melayani sisa limbah rumah tangga dan sampah lingkungan untuk dikirim ke tempat pembuangan sampah akhir.
Minimnya pengawasan dan pengecekan berkala menjadi penyumbang besi tua atau barang rongsokan di kawasan PIK.

Dari pantauan dilokasi, jumlah truk yang rusak parah sekitar 10 unit, di area penimbunan bangkai mobil sampah sangat terlihat memprihatinkan dengan kondisi kaca mobil yang pecah, body kabin patah sekaligus berkarat dan komponen yang tidak lengkap.

Menurut keterangan warga setempat, kendaraan dinas kebersihan DKI, Jakarta telah lama terpakir dilingkungan yang jauh dari pemukiman warga. Tanpa perhatian dari Pemerintah dan tidak adanya perbaikan dari dinas terkait maka menjadi peluang pencurian komponen kendaraan tersebut.

Lanjutnya, kata warga setempat itu, komponen mobil truk pengangkut sampah yang telah lama tidak bisa beroperasi itu menjadi barang tidak terpakai. Lebih jauh kata salah seorang Ibu rumah tangga itu, bila tidak diperhatikan dan diperbaiki akan lenyap komponen mesin dicuri orang yang tidak bertanggung jawab.

“Iya sudah lama dibiarkan begitu saja. Yang bisa mah diperetelin dijual kali ditimbang diangkat,disitu ada beberapa (jumlah mobil rusak total). Sudah tidak bisa diapa-apain (tidak berfungsi). Itu juga ada yang peretelin di jual kerongsokan,” kata warga Penggilingan yang enggan menyebutkan dirinya secara rinci. (Dw)