Home / Berita / Bagaimana Menjadi Suami Sholeh

Bagaimana Menjadi Suami Sholeh

Oleh: Letkol Sus Giyanto

FENOMENA kehidupan disekitar kita tidak sedikit bagaimana melihat pasangan suami istri yang sholeh dan sholehah, ini sangat ideal dalam sebuah kehidupan rumah tangga. Karena diyakini bahwa kehidupanya dijamin oleh Allah SWT. penuh dengan kebahagiaan,dan ketentraman, sepanjang mereka benar-benar menjalankan syariat agama. Namun realitanya tidak semudah yang kita bayangkan seperti membalik kedua telapak tangan, sehingga bagaimana membentuk kehidupan suami istri yang sarat dengan nilai-nilai agama atau keimanan bisa terwujud. Disinilah masih kita jumpai dimana suaminya sudah sholeh, istrinya belum sholehah, atau sebaliknya istri sudah sholehah suami belum sholeh. Sehingga hal ini selalu bertentangan terus dalam rumah tangganya, bahkan ketika suami istri yang sudah sholeh dan sholehah aja belum tentu semulus yang diharapkan, apalagi belum semua,,?.

Kadang malah sering terjadi, bagaimana seorang suami menuntut istri menjadi sholehah, bahkan dia sendiri belum menempatkan sebagai suami yang sholeh, atau sebaliknya istri menuntut suami yang sholeh, bahkan dia lupa kalau dirinya belum menjadi istri yang sholehah. Oleh karena itu beberapa waktu yang lalu saya sudah menulis bagiman perjuangan wanita-wanita sholeh dijaman Rosulullah, maka sangat tidak adil kalau saya juga tidak menulis bagimana menjadi suami-suami yang sholeh.

Suami sholeh adalah suami yang menjadi teladan dalam ketaqwaan kepada Allah, dicintai dan dikagumi istri dan anak-anaknya, bahkan harus menjadi imam dengan kemuliaan akhlak. Rasul mencontohkan bagaimana sosok suami ideal, yaitu Jika anda melihat kekurangan istri anda, tegur dengan lemah lembut! Kekuatan apa yang menyebabkan seorang lelaki atau suami bisa tetap menjaga kelemahlembutannya di saat dia marah atau kecewa atas kekurangan isteri ? Atau apakah hal yang mendasari Anda sehingga Anda mau Berdandan untuk istri anda, selalu bersih dan wangi.

Maka untuk menjadi suami yang sholeh yang harus Anda dimiliki adalah:

1. Keimanan yang terjaga.

Iman adalah sumber energi terbesar untuk membuat kita mampu memberi. Menjadi suami sholeh berarti memberi banyak hal bagi sang isteri bukan hanya kebutuhan jasadiyah namun juga ruhiyah. Iman yang kuat akan mampu memberikan rasa aman yang begitu dalam karena kedekatan dengan Allah. Iman yang kuat pun merupakan indikator yang dimiliki oleh para suami sholeh seperti dalam hadist berikut,

“Sesungguhnya mukmin yang sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya, dan sebaik-baik kalian adalah kalian yang baik terhadap istri-istri kalian(H. R. Timidzi).”

2. Fikrah yang tepat.

Seorang suami sholeh harus memiliki Fikrah yang tepat, karena akan mempengaruhi sikap dan tindakan sehingga menjadi ideal pula. Dia harus banyak belajar dan menyerap kebijakan dari sumber manapun khususnya dari Al-qur’an dan Al Hadist. Akan sangat baik jika dia mempunyai seseorang untuk dijadikan suri teladan sesudah Rasulullah SAW.

“Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.”(Q. S. An-Nisa: 19).

3. Kepemimpinan yang Kuat.

Suami adalah pemimpin dalam keluarga dan secara fitrah Allah memberikan potensi kepemimpinan tersebut untuk bekal memimpin isteri dan anak-anaknya. Suami juga merupakan manajer tertinggi yang bertanggungjawab menghantarkan seluruh anggota keluarganya mencapai tujuan hidupnya. Bukan hal yang main-main, karena sebelum dia mendapatkan amanah sebagai suami (pemimpin) sebelumnya dia harus membuat sebuah perjanjian yang berat (mitsaqan ghaliza) sehingga sang wanita yang kemudian menjadi isterinya berada sepenuhnya (dunia dan akhirat) dalam tanggung jawab.

Ironisnya banyak lelaki yang menganggap enteng proses akad sebagai ucapan formal belaka sebagai syarat sahnya pernikahan tanpa tahu konsekuensinya. Sehingga ketika selesai mengucapkan akad nikah ucapan yang keluar dari mulutnya adalah, “Yess!!” Dan bangga kalau berhasil mengucapkan akad tanpa harus mengulanginya.

4. Materi yang Cukup.

Mohon maaf untuk poin yang satu ini memang agak subyektif. Materi memang bukan segalanya tapi dengan materi banyak hal yang menjadi lebih mudah dilakukan. Jangan pakai istilah sepiring berdua atau biar miskin yang penting cinta. Tapi pikir gizi anak, sekolah anak, pakaian isteri, fasilitas rumah tangga yang memadai dan lain-lain. Memberi hadiah yang romantis untuk isteri akan lebih susah kalau tidak punya uang, tersenyum kepada isteri jadi lebih susah kalau pundi-pundi dapur kritis, menafkahi keluarga gak cukup-cukup karena memang tiap bulan materi selalu kurang, dan banyak kasus rusaknya harmonisme suami isteri gara-gara masalah materi. Jadi sebagai wujud tanggung jawab, suami sholeh punya tugas juga untuk menjaga stabilitas ekonomi rumah tangga dan jangan sekali-kali mengekspor isterinya untuk jadi TKI.

Mengakhiri tulisan ini saya teringat perkataan Habiburrahman El Shirazy, Ketika Cinta Berbuah Surga, katanya: “Carilah seorang teman yang baik, yang akan membantumu untuk menjadi orang baik. Teman sejati yang bisa kau ajak bercinta untuk surga. Dia adalah teman sejati yang benar-benar mau berteman denganmu, bukan karena derajatmu, tetapi karena kemurnian cinta itu sendiri, yang tercipta dari keikhlasan hati. Dia mencintaimu karena Allah. Dengan dasar itu, kau pun bisa mencintainya dengan penuh keikhlasan; karena Allah. Kekuatan cinta tersebut akan melahirkan kekuatan dahsyat yang membawa manfaat dan kebaikan. Kekuatan cinta itu juga akan bersinar dan membawa kalian masuk ke surga.”

Check Also

21 orang Crew, Kadet Kapal Negara Adhara Distrik Navigasi Kelas 1 Tanjungpinang Dilaporkan Positif Covid-19

Tanjungpinang, sketsindonews – 21 orang Crew, Anak magang/Kadet di Kapal Negara (KN) Adhara Distrik Navigasi …

Watch Dragon ball super