Home / Artikel / Banjir Jakarta Pompa Air Termakan Usia

Banjir Jakarta Pompa Air Termakan Usia

Jakarta, sketsindonews – Banjir di sejumlah titik di Kota Jakarta yang terjadi sejak kemaren mendapat tanggapan dari Pengamat Kebijakan Publik Budgeting Metropolitan Watch (BMW), Amir Hamzah.

Kata Amir, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah bekerja optimal dalam menangani bencana banjir di Jakarta yang terjadi sejak 2 hari yang lalu.

Hal itu, kata Amir, tergambar dari upaya Gubernur DKI Jakarta yang terjun langsung bersama warga mengatasi dampak banjir yang lebih luas.

“Kita bisa lihat sendiri kunjungan Gubernur di beberapa lokasi dan sore ini di Gang Arus Jakarta Timur untuk melihat kondisi masyarakat di sana,” ujar Amir ketika diminta komentarnya di Balaikota.

Menurutnya, banjir yang terjadi kali ini di ibu kota lebih disebabkan tingginya curah hujan yang turun di wilayah Depok dan Bogor dalam beberapa hari terakhir. Akibatnya, debit air Sungai Ciliwung meluap, membuat sejumlah wilayah Jakarta tergenang.

“Kalau kita lihat bahwa derasnya banjir di Jakarta ini ditentukan oleh meluapnya banjir kiriman dari Bogor dan Depok, sehingga kalau curah hujan dua wilayah itu berkurang maka banjir di Jakarta juga akan surut,” jelas Amir.

Kondisi ini diperparah dengan tidak maksimalnya sejumlah pompa air di sejumlah wilayah Jakarta secara maksimal karena termakan usia maupun sungai Ciliwung sangat sebagai pangkal pembuangan, ucapnya.(7/2)

“Walaupun Pemda punya ratusan pompa namun harus diakui bahwa karena faktor usia dan gangguan dari pengaruh air, sehingga ada mesin pompa yang tidak berfungsi secara optimal,” pungkas dia.

reporter : nanorame

Check Also

Sudah Ribut Peganti Wagub DKI Sandi, Sementara SK Presiden RI Belum Diterima Sandiaga

Jakarta, sketsindonews – Pengunduran diri Wagub Sandiaga Uno belum sepenuhnya sah secara UU masih ada …

Watch Dragon ball super