Back

Media Terpercaya

BEC Kebon Kosong, Edukasi Covid-19, Bersama Orang Tua Peserta Didik

Jakarta, sketsindonews – Sesuai arahan dan Instruksi Gubernur DKI Anies Baswedan penyebaran Covid – 19 kini telah adanya indikasi Kecamatan di wilayah Provisinsi DKI Jakarta telah terkena untuk dapat diawasi oleh pihak pemerintah maupun masyarakat.

Peran masyarakat pun tentunya tak luput untuk dilibatkan dalam sosialisasi agar bentuk penyebaran serta gejalan dapat diketahui secara luas baik peran komunitas, aktivis lingkungan serta gerakan sehat lingkungan.

Salah satunya Bhineka English Community merupakan pendidikan non formal yang dibangun oleh gerakan masyarakat di Jalan Swadaya V RT 02 – RW 06 Kelurahan Kebon Kosong Kecamatan Masyarakat memberikan edukasi Covid – 19 bersama para orang tua murid dalam antisipasi prilaku hdup sehat (PHBS).

Menurut Ketua RW 06 Kelurahan Kebon Kosong Ghurabillah saat memberikan pengetahuan edukasi deseas kepada anak – anak dan orang tua dilingkungan menyatakan, bahwa pengetahuan dan pemahaman ini perlu kita tanamkan agar masyarakat juga tidak panik terhadap virus Corona, agar mendapat informasi yang benar.

“Epidemic ini telah positif sebanyak 69 orang terkena positif Covid – 19 selain pengawasan lebih melekat untuk masyarakat agar semua pihak untuk melakukan hal – hal positif dalam pola makan maupun menjaga kehidupan yang sehat,” papar Ghurabillah kerap disapa Bibing ini, Jumat (13/3/20).

Sebagai catatan wilayah Kebon Kosong juga terbangun oleh gedung dan apartement sehingga secara spesifik perlunya pengawasan serta antisipasi pemerintah DKI dalam melaksanakan penetrasi virus covid-19.

Sementara pengelola BEC Jay Salim menuturkan, bahwa kegiatan ini hasil inisiator Robert dalam menyikapi epidemic Covid – 19 secara dini untuk diketahui oleh para anak anak mapun orang tuanya secara langsung, ucapnya.

“Hakekatnya kami ingin antisipatif jika pun ada gejala yang terindikasi di lingkungan artinya penanganan ini oleh warga untuk pula tak panik dalam satu lingkungan maupun pihak korban terinfeksi,” ujarnya.

Qorina (23) Anggota Karang Taruna mengatakan, pihaknya bersama peran masyarakat lingkungan RW telah menerima himbauan dari pemerintah agar pengetahuan dasar virus Covid -19 untuk disebar luaskan seiring dampak populasi ini sangat tinggi dalam waktu singkat bisa proses penyebaran melalui kontak secara langsung.

Dilain pihak Aktivis Lingkungan Joko Sardjono mengatakan, dukungan peran komunitas pendidikan non formal seperti BEC tentunya menjadi penggerak agar masyarakat juga dapat mengetahui secara luas dengan anak – anak bisa mendapat informasi Covid – 19 secara menyenangkan.

Edukasi itu harus dengan berbagai cara termasuk mengajarkan bagi peserta didik sehingga mereka juga mematuhi dan menuruti atas perintah ajakan orang tua dalam kehidupan dirumah agar pola hidup sehat terus terjamin sebagai fungsi utama cegah virus ini.

“Pihak Kelurahan juga untuk tak diam untuk terus melakukan upaya – upaya pendekatan masyarakat dalam melakukan peran sosialisasi sesuai arahan Gubernur DKI dan Walikota Jakarta Pusat,” ucap Joko.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.