Home / Artikel / Belasan Rumah Rusak Dampak Pemusnahan BB

Belasan Rumah Rusak Dampak Pemusnahan BB

Jakarta,sketsindonews – Polresta Kebumen Jawa Tengah saat memusnahkan petasan dengan Cara dibakar akhirnya berdampak 17 rumah tinggal menjadi korbannya.

Petaka itu terjadi saat satuan Sabhara Polres Kebumen Jawa Tengah hendak memusnahkan petasan dan mercon hasil sitaan yang akan dimusnahkan.

Namun cara itu dibakar oleh satuan kepolisian Bromob, justru menjadi bencana yang membuat warga terkena dampaknya hingga mengguncang daerah lokasi hingga radius 5 KM.

Belasan rumah hingga kaca pecah serta kegagetan warga menjadi panik akibat bunyi serta ledakan yang dasyat.

Kasubbag Humas Kebumen AKP Willy Budiyanto mengatakan, ratusan kilogram bahan petasan tersebut merupakan barang bukti hasil sitaan selama Operasi Kepolisian Yang Ditingkatkan 2017.

Bahan petasan itu memang sengaja dimusnahkan dengan cara dibakar di suatu lokasi tambang batu cadas yang terletak di Desa Sumelang, Kebumen. Lokasi ini dianggap aman karena terdapat tanah lapang yang dikelilingi bukit cadas dan juga cukup jauh dari pemukiman warga, terangnya.

“Petugas yang melaksanakan pemusnahan sama sekali tidak menduga akan timbul ledakan dan getaran yang cukup besar,”

Menurut Willy, bahan-bahan peledak yang dimusnahkan tersebut tergolong low eksplosive seperti petasan pada umumnya. Obat petasan ini tidak bisa dimusnahkan hanya dengan menyiramnya dengan air atau menimbun di dalam tanah.

“Selain masih bisa meledak, bila dibuang sembarangan akan menimbulkan pencemaran lingkungan yang parah,” ujarnya.(21/6)

Sebelum dimusnahkan, petugas yang melakukan demolisi sudah mengurai serbuk petasan dengan cara menyebarkan obat petasan di permukaan tanah.

Dengan tujuan untuk mengurangi konsentrasi bubuk petasan sehingga diharapkan tidak meledak, tetapi hanya akan menimbulkan percikan bunga api.

Akibat salah perhitungan petugas, justru bubuk petasan yang masih terlalu tebal itu akhirnya menimbulkan ledakan yang cukup masif ketika dibakar.

Sementara Kapolres Kebumen menyampaikan permintaan maaf kepada warga di sekitar lokasi pemusnahan petasan. Selain itu, dia berjanji akan mengganti semua kerugian yang dialami warga.

“Kami bersyukur tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya tercatat belasan rumah di sekitar lokasi yang mengalami rusak ringan,” ujarnya.

redaksi

 

Check Also

Ini Alasan Habib Smith Ditolak Di Manado

Sulut, sketsindonews – Dengan kawalan ketat dari aparat kepolisian dan TNI, sejumlah ormas adat Minahasa menolak kedatangan Habib …

Watch Dragon ball super