Back

Media Terpercaya

Bentjok Ditahan Kejagung, PT HI Disegel Penggelola Gedung

Jakarta, sketsindonews – Pasca penggeledahan yang dilakukan tim penyidik bidang pidana khusus, Kejaksaan Agung terhadap PT Hanson Internasional (PT HI), pada 8 Januari dan 5 Februari 2020 terkait kasus dugaan korupsi di PT Jiwasraya.

Kondisi PT HI saat ini yang berada di Gedung Mayapada Tower lantai 21, terlihat lenggang bahkan tidak ada aktivitas seperti sebuah perusahaan pada umumnya. Hanya ada dua petugas yang menjaga perusahaan properti tersebut. “Saya hanya menjaga dan menerima surat masuk,” kata petugas jaga kepada sketsindonews, Senin (10/02/20), siang.

Dari pantuan media ini, ada tiga ruangan yang “segel” di PT Hanson Intetnasional, yakni ruang utama yang berada di lantai 21 dan dua ruangan di lantai 20.

Pintu PT HI Disegel

Di lantai 21 yang menuju pintu utama PT HI, tampak terikat menggunakan rantai plastik berwarna merah dan dikunci menggunakan gembok.

Sementara di lantai 20 ada dua ruangan yang juga “disegel” yaitu satu ruangan berada disisi kanan dan satu lagi ruangan koperasi Hanson Mitra Mandiri.

Menurut Oji petugas front office Mayapada Tower mengatakan penyegelan yang dilakukan manajemen Mayapada Tower terkait belum dibayarkannya sewa gedung oleh PT HI. “Pihak manajemen yang menyegel karena belum bayar sewa gedung,” ungkap Oji tanpa menjelaskan harga sewa gedung.

Untuk diketahui PT HI menyewa gedung Mayapada Tower untuk operasional sebanyak dua lantai.

Seorang pegawai PT HI menjelaskan kantornya disegel pada Kamis (16/1/2020). Dan hingga kini para pekerja di perseroan tersebut terpaksa diliburkan. “Perusahaan kami disegel penggelola gedung. Dan kami saat ini masih diliburkan entah sampai kapan,” katanya.

Di tempat terpisah Kapuspenkum Kejaksaan Agung Hari Setiono mengungkapkan pihaknya hingga kini belum melakukan penyegelan terhadap PT HI. Meski telah melakukan penggeledahan kata dia, dan penyidik mendapatkan barang bukti.

Namun untuk penyegelan harus mendapatkan ijin dari pihak pengadilan. “Kalau yang sudah disita dan mendapat izin pengadilan ya pasti disegel,” ujar Hari.

Seperti diketahui, Kejaksaan Agung menetapkan Direktur Utama Hanson International Benny Tjokrosaputro sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada 14 Januari 2020 lalu. Kejaksaan menahan Benny Tjokro setelah penetapan status baru tersebut.

(Sofyan Hadi)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.