Home / Berita / Besok Sidang Perdana Rizieq Sihab di PN Jaktim
Pengadilan Negeri Jakarta Timur. (Foto: eky/ sketsindonews.com)

Besok Sidang Perdana Rizieq Sihab di PN Jaktim

Jakarta, sketsindonews – Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Alex Adam Faisal memastikan bahwa sidang perdana mantan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Sihab akan digelar, Selasa (16/3/21) besok.

Adapun sidang tersebut menurut, Alex sesuai dengan ketetapan hakim, akan digelar secara online atau virtual.

“Besok sidangnya secara virtual atau online,” papar Alex, seperti dikutip dari kompas, Senin (15/3/21).

Sementara untuk sidang selanjutnya, Alex belum dapat memastikan apakah akan digelar secara ofline atau online.

“Mengenai selanjutnya kan tidak tahu, yang akan bersidang majelis hakimnya dan di situlah nanti mereka akan melihat hal-hal yang tidak terduga, apakah dilanjutkan secara virtual apa dihadirkan secara offline,” imbuhnya.

Sebagai informasi, terdapat enam berkas perkara yang dilimpahkan dari jaksa penuntut umum (JPU) kepada PN Jaktim yang berkaitan dengan Rizieq Shihab dan tersangka lain yang terjerat kasus ugaan penghasutan dan kerumunan di Petamburan, kasus kerumunan di Megamendung, serta kasus kontroversi tes usap (swab test) di RS Ummi, Bogor, yakni:

– Perkara pertama nomor 221/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim dengan terdakwa Rizieq.

– Perkara kedua nomor 222/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim untuk terdakwa Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al-Habsyi, dan Maman Suryadi.

Dimana, dua perkara tersebut terkait kasus kerumunan di Petamburan dan akan disidangkan oleh majelis hakim yang sama, yakni Suparman Nyompa, M. Djohan Arifin, dan Agam Syarief Baharudin.

– sementara, perkara ketiga untuk terdakwa Direktur Utama RS Ummi Andi Tatat dengan nomor 223/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim.

– Perkara keempat nomor 224/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim untuk terdakwa Muhammad Hanif Alatas yang juga merupakan menantu Rizieq.

– Perkara kelima dengan nomor 225/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim atas nama terdakwa Rizieq.

Ketiga perkara itu memiliki susunan majelis hakim yang sama yakni Khadwanto, Mu’arif, dan Suryaman.

– Lalu terakhir perkara dengan nomor 226/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim untuk terdakwa Rizieq yang akan disidangkan oleh Suparman Nyompa, M. Djohan Arifin, dan Agam Syarief Baharudin.

(Red)

Check Also

Tanggapan PWI Pusat Terkait Uji Materi Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers

Jakarta, sketsindonews – Sebagai konsituen Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berpendapat bahwa Para Pemohon …

Watch Dragon ball super