Blok C Perum Polri Gowok, Sumbangkan 31 Tangki Air Bersih Ke Gunung Kidul

Yogyakarta, sketsindonews – Sebanyak 31 tangki air bersih secara simbolis diserahkan Ketua RT 12/05 Blok C perum Polri Gowok, drg. Andi Triawan melalui Koordinator baksos drg. Sapta, AS, kepada Kepala Dusun Sumberejo Nari Siswanti yang diwakili Ketua PKK Nglipar Ibu Supriyati, Minggu (13/10/19).

Seperti diketahui, akibat dari Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Gunung Kidul, menyebabkan warga kesulitan mendapatkan air bersih.

“Kami atas nama warga Dusun Nglipar hanya bisa mngucapkan terimaksih yang tak terhingga, kami tidak bisa membalas, semoga allah yang mangganti kebaikan warga perum polri gowok RT 12, yang lebih banyak, tambah rejekinya dan banyak barokahnya, serta senantiasa tetap dalam kesehatan,” ucap Ketua Baksos Sumberejo, Samsuri.

Menurut Samsuri kekeringan yang melanda dusun sumberejo ini sudah dimulai sejak bulan april. Sumber-sumber air sudah mengering dan tidak lagi keluar airnya. Bahkan sumur yang kedalaman 30 meter hanya mampu mengeluarkan air 3 atau 4 ember.

“Untuk mengatasi tersebut akhirnya mendapatkan bantuan dari PDAM setiap RT,” ungkapnya.

Di Kecamatan Nglipar, ungkap Samsuri dari 6 dusun, yang benar-benar kekurangan air adalah dusun Mangger, Sumberejo, Kedungranti.

Dan meski pemerintah setempat memiliki 14 unit armada tangki, tetap saja tidak dapat memenuhi kebutuhan warga, hingga mendapat bantuan dari pihak swasta.

“Bantuan air bersih ini nantinya akan disalurkan dan diatur oleh pak ketua RT secara merata dan sebaik-baiknya,” katanya.

Sementara drg. Andi Triawan
menyampaikan bantuan Air bersih tersebut sebagai rasa impati terhadap warga dan merupakan salah satu bentuk kepedulian Sosial. Dimana air bersih ini akan disalurkan untuk tiga Dusun yakni Mengger, Sumberejo, Kedungrati, kecamatan Nglipar Kabupaten Gunung Kidul.

Menurutnya, bantuan air bersih sebanyak 30 tangki akan disalurkan kepada 498 kepala keluarga (KK) dalam 3 Dusun tersebut, dan 1 tangki untuk Mushola, karena mengingat kemarau panjang kesulitan mendapatkan air bersih.

Ketua RT berharap, semoga dengan bantuan Air bersih ini bisa bermanfaat dan membantu serta mengatasi kesulitan warga yang sangat membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,

drg. Andi juga mengucapkan terimakasih kepada warganya yang yang telah mendonasikan air bersih tersebut, dengan harapan semoga menjadi amal jariyah.

“Selain itu, mudah-mudahan dalam waktu dekat musim kemarau segera berakhir dan datang musim penghujan, sehingga persoalan kekeringan air dapat terselesaikan,” imbuhnya.

Acara yang dihadiri para pengurus RT, sesepuh, dan warga RT 12/05 Blok C perum Polri Gowok tersebut dilanjutkan kunjungan ke pantai Kukup dan Rawe, serta makan siang bersama.

(Red)