BPJS KCU Jakarta Pusat dan Puskesmas Prakarsai Halun 2017

Jakarta, sketsindonews – Hari Lanjut Usia Nasional (HALUN) yang jatuh pada tanggal 29 Mei 2017, mengingat menghadapi Ramadhan 1438 H akhirnya giat Halun yang diprakarsai Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) KCU Jakarta Pusat dan Puskesmas Cempaka Putih dimajukan pada tanggal 18 Mei 2017 di Gedung Aula Masjid Al-Nizham, jalan Rawasari Timur Cempaka Putih Jakarta Pusat.(18/5)

Dalam giat Halun selain dihadiri sebanyak 260 dari berbagai komunitas lansia, Senam Sehat, serta stake holders kesehatan ikut berpartisipasi diacara tersebut.

doc.sketsindonews.com

Dalam keterangan Yudi Prabowo Bagian Management Kesehatan Pelayanan Primer KCU Jakarta Pusat mengatakan, pihak BPJS Kesehatan dalam hal ini sebagai upaya promotif preventif yang bekerja sama dengan provider puskesmas, Labkilinik Pramita, RS. Islam dan Pertamina Jaya, ujarnya

Peran tujuannya sebagai dukungan implementasi (germas), sosialisasi dan awerness kepada para peserta JKN-KIS dalam peningkatan kualitas kesehatan para lansia secara phisik.

Kami juga menganjurkan pemeriksaan rutin “prolanis” ( program penyakit kronis), tentunya untuk menjadi fokus bagi para lansia seperti ; penyakit diabetes militus, hepertensi, jantung, osteoporosis dan asma.

Selain itu pula BPJS juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk memeriksa kesehatan secara langsung dengan Lab klinik Pramita yang menjadi mitra baru di BPJS, ditambah sharing knowledge antar peserta prolanis di dalam mempererat tali silaturahim antar peserta, papar Yudi.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Puskesmas Cempaka Putih Drg. Ati Sukmaningsih,Mkm menjelaskan, adanya lansia diharapkan kelangsungan hidup bisa terencana dengan baik dengan rasa berbagi dinatara para komunitas lansia termasuk kepersertaan Jaminan Kesehatan (BPJS) kami pantau, ujarnya.

“Kami ingin lansia selalu hidup sehat, lansia untuk tidak miskin dengan melakukan pembinaaan penyakit prolanis dengan kepersertaan kartu BPJS.”

Pihak kami Puskesmas Cempaka Putih sudah melakukan kerja sama selama 4 tahun dengan BPJS KCU Kota Jakarta Pusat dengan capaian hampir 85 ribu kepersertaan di 3 Kelurahan (Rawasari, Cempaka Putih Timur, Cempaka Putih Barat, terang Ati.

Ati menambahkan, dalam giat yang bertemakan Hidup Bermartabat di Usia Senja, Lansia Sejahtera kami juga lakukan jemput bola secara langsung bagi lansia untuk memiliki Kartu BPJS, ucapnya.

Dalam kegiatan Halun langsung dihadiri Camat Cempaka Putih yang di Wakili Sekcam Benard Tambunan, dengan aneka giat lomba lansia, konsultasi kesehatan serta produk penyakit kronis yang di tampilkan.
reporter : nanorame