Home / Artikel / BPJS KCU Jakarta Pusat Lakukan Koordinasi Rujukan Berjenjang

BPJS KCU Jakarta Pusat Lakukan Koordinasi Rujukan Berjenjang

Jakarta, sketsindonews – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Utama Jakarta Pusat lakukan sosialisasi Sistem Rujukan Berjenjang Berbasis Kompetensi Faskes pada Program JKN – KIS dengan para stake holders di Jalan Cimandiri 1 A Jakarta Pusat, siang tadi (12/5).

“Regulasi akan terus dilakukan BPJS peserta JKN-KIS, hingga saat ini sudah berjalan di tahun ke 4, dimana kepersertaan tiap tahunnya terus meningkat hingga mencapai 180 juta,” ujar Drg. Bona Evita Kepala Cabang Utama BPJS Kota Jakarta Pusat.

doc.sketsindonews.com

Dalam cakupannya yang hanya tinggal 1,5 tahun diharapkan target Desember 2019 akan mencapai 200 juta peserta, dimana saat ini sudah mencapai 70% dari target.

“Regulasi yang ditertibkan, pada hari selain meremainder kembali sistem rujukan, update informasi serta implementasi pelayanan dilapangan,” ujarnya.

Bona menjelaskan ada 3 pokok dalam menunjang regulasi yakni fasilitas tingkat pertama, faskes lanjutan, RS dan Klinik Utama bagi kepersertaan JKN – KIS dalam menyikapi kendala.

Tambah Bona, mengenai penataan rujukan pelayanan kesehatan berjenjang berbasis kompetensi merupakan sebuah upaya untuk melakukan penataan rujukan di Faskes pada masing-masing wilayah berdasarkan pemetaan kompetensi yang dimiliki faskes dengan ketersedian specialis, peralatan, sarana dan prasarana.

Misalnya, peserta Faskes FKTP dengan RS type C dan D dengan aplikasi Pcare link dibuka untuk Kantor Cabang Wilayah DKI tanpa dibatasi wilayah Kota Administasi lainnya.

Begitu pula dengan kebijakan rujukan yang bejenjang peserta dilakukan pelayanan klas RS dari type C,D dengan merujuk RS type type A, B sesuai FKTP Kantor Cabang.

“Sementara khusus RS type A hanya dapat diakses melalui rujukan dari pihak RS,” jelas Bona.

Saat itu pula BPJS KCU Jakarta Pusat melakukan kerjasama pelayanan kesehatan JKN KIS yakni Klinik Pratama Pegadaian, Klinik Pratama Kimia Farma Pejompongan, Klinik Pratama Bhakti Medika Sejahtera, berikut 88 Kilinik yang sudah dilakukan sebelumnya.

Hadir dalam sosialisasi koordinasi sebanyak 150 stake holders baik Pluskesmas, Klinik dan Rumah Sakit di Jakarta Pusat.

reporter : nanorame

Check Also

Peluru Nyasar “Latihan Nembak” Nyaris Mengenai Staff Ahli Anggota DPR RI

Jakarta, sketsindonews – Peristiwa peluru nyasar ke Gedung DPR diruang Wenny Warouw Anggota Komisi III …

Watch Dragon ball super