Home / Berita / Metropolitan / Bupati Sumenep Pantau Aktivitas Warga Selama PPKM Darurat Covid-19

Bupati Sumenep Pantau Aktivitas Warga Selama PPKM Darurat Covid-19

Sumenep, sketsindonews – Bupati Sumenep Achmad Fauzi memantau aktivitas warga selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat Covid-19, yang didampingi aparat kepolisian dan TNI, serta Gugus Tugas Covid-19.

Lokasi yang jadi sasaran adalah tempat-tempat ramai seperti kafe, rumah makan, dan tempat lain. Fauzi menegaskan akan memberikan sanksi swab kepada pengunjung kafe bagi perusahaan kafe yang melanggar PPKM, atau masih nekat beroperasi di atas pukul 20.00 WIB.

“Operasi swab antigen akan dilakukan setiap hari untuk warga yang berkerumun baik di cafe, rumah makan dan tempat lain diatas pukul 20.00 WIB,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Jumat (9/7).

Ia menjelaskan operasi swab tidak hanya berlaku bagi warga yang tidak bermasker, melainkan semua warga yang nekat berkerumun di malam hari melebihi batas waktu PPKM, aparat akan menindak dengan cara melakukan swab.

“Meskipun warga telah memakai masker tetap harus dilakukan swab di lokasi, sehingga operasi ini tidak hanya menyasar warga tidak bermasker, tetapi semua warga yang berkerumun melanggar diatas ketentuan,” jelas Fauzi.

Pasalnya, tim gabungan mulai dari unsur Satpol PP, Tim Medis Kesehatan, Polisi dan TNI gencar melakukan operasi swab. Hal tersebut akan dilakukan hingga berakhirnya penerapan PPKM pada 20 Juli 2021.

“Yang jelas, apa yang dilakukan tim gabungan sebagai langkah untuk memutus rantai penularan Covid-19 agar PPKM darurat ini nanti tidak diperpanjang,” tutur Fauzi.

Sementara itu, Dandim 0827 Sumenep, Letkol Inf Nur Cholis mengungkapkan, operasi swab antigen sebagai salah satu upaya meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi PPKM darurat.

“Warga yang tidak ada kepentingan mendesak sebaiknya tidak keluar rumah diatas jam ketentuan, karena setiap malam petugas akan turun untuk memantau kerumunan warga,” kata Nur Cholis.

Menurutnya, tim Satgas Covid-19 Sumenep melaksanakan operasi swab dengan menyiapkan alat swab. Petugasnya pun berasal dari tim medis Dinas Kesehatan, Polisi dan TNI.

“Forkopimda Sumenep sepakat dalam rangka menekan penularan Covid-19 agar diadakan operasi swab antigen kepada warga yang berkerumun di tengah malam,” ujarnya. (nru/yht)

Check Also

Terpidana Mantan Jaksa Pinangki Dieksekusi ke Lapas Wanita Tangerang Banten

Jakarta, sketsindonews – Terpidana mantan Jaksa Dr. Pinangki Sirna Malasari, SH,.MH, yang terlibat korupsi dalam …

Watch Dragon ball super