Back

Media Terpercaya

Cegah Covid-19, Petani di Pamekasan Pakai Masker saat Panen Padi

Pamekasan, sketsindonews – Kesemangatan dalam memberantas penyebaran virus corona (Covid-19), ternyata tidak hanya dilakukan pejabat pemerintah. Di Pamekasan, kelompok petani ikut mencegah penyebaran Covid-19 dengan memakai masker saat beraktivitas memanen padi. 

Kegiatan panen tersebut berlangsung di Dusun Korong Laok, Desa Sana Tengah, Kecamatan Pasean, pantai utara, Pamekasan. Sedikitnya, ada sekitar 20 orang berbaur membantu pemanenan. 

Ahmadi (49), pemilik sawah yang padinya di panen mengatakan, di tengah kegiatan, masyarakat yang ikut menantu pemanennya kompak memakai masker dengan niat mengurangi risiko penyebaran Covid-19. 

“Kita memakai masker semata untuk mencegah penyebaran berbagai macam penyakit. Apalagi sekarang musim pandemi Covid-19,” kata Ahmadi kepada sketsindonews, Minggu (10/5/20).

Menurut pria dengan tiga orang anak tersebut, masker yang didistribusikan merupakan masker yang didapat dari hasil komunikasinya dengan pemuda dan perangkat desa setempat.

“Kami kontak beberapa perangkat desa dan pemuda untuk menyediakan masker. Setelah permintaan kami dikabulkan, kita bagikan masker itu ke kelompok tani yang ikut membantu panen padi di sini,” jelasnya.

Terpisah, Imam S. Arifin pemuda yang membantu alat kesehatan tersebut mengatakan, petani memanen padi memakai masker merupakan kegiatan langka. Sebab kebanyakan masker hanya dipakai pejabat instansi pemerintah dan perusahaan. 

“Kita bantu puluhan masker, karena mereka takut terserang virus corona,” kata Ketua Forum Komunikasi Mahasiswa Sana Tengah (Fokmas) tersebut. 

Sebelumnya, kata Imam, bagi-bagi menyasar ke sejumlah pedagang pasar dan pengguna jalan. Namun seketika itu, pihaknya dikontak seseorang dengan meminta masker agar dibagikan ke kelompok tani yang tengah melakukan kegiatan di sawah.

“Ternyata mereka ini berada di tengah sawah dan meminta untuk dibagikan masker,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Sana Tengah Jailani Fauzi mengapresiasi semua pihak yang ikut ambil bagian dalam upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19. Terutama kepada sejumlah petani yang ikut menjaga kesehatannya dengan menggunakan masker. 

“Dengan dorongan berbagai pihak, kami yakin pandemi corono ini akan cepat berakhir,” pungkasnya.

(nru/akt)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.