Home / Berita / Metropolitan / Cegah Merk Yang Dipalsukan, Ini Yang Dilakukan Bea Cukai Banten

Cegah Merk Yang Dipalsukan, Ini Yang Dilakukan Bea Cukai Banten

Tangerang, sketsindonews – Bea Cukai melalui Direktorat dan Bimbingan Pengguna Jasa bersama Kanwil Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Banten bersinergi dengan Kementerian Hukum dan HAM Kanwil Banten menyelenggarakan Focus Group Discussion dengan Pengusaha Dalam Negeri dan Asosiasi Pengusaha Kawasan Berikat (APKB) Provinsi Banten dalam upaya mewujudkan komitmen pengendalian impor dan ekspor barang hasil pelanggaran atas Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Dalam acara tersebut, turut hadir narasumber Andri Rizqia Indrawan, yang merupakan pegawai pada Seksi Kejahatan Lintas Negara II dan Kepala Sub Bidang Kekayaan Intelektual Kemenhukham Wilayah Banten, Erny Widiastuti.

Kepala Kanwil DJBC Banten, Rahmat Subagio mengemukakan, HKI merupakan bagian yang sangat penting dalam ekonomi kreatif, sehingga untuk meningkatkan efektivitas pengawasan dan menciptakan iklim investasi Indonesia yang kondusif Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menetapkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 40 Tahun 2018.

“Pengusaha maupun masyarakat perlu mengetahui bahwa pemerintah telah mengeluarkan kebijakan perlindungan HKI demi melindungi perekonomian Indonesia, terutama ekonomi kreatif. Banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari pelanggaran HKI, salah satunya mendistorsi industri dalam negeri terutama terkait reputasi dan image merek yang dipalsukan atau ditiru” Subagio dalam keterangan tertulis DJBC Banten, Selasa (11/10/22).

Untuk itu, Bea Cukai sebagai Community Protector bergerak aktif mensosialisasikan informasi terkait PMK tersebut kepada beberapa pengusaha pemegang HKI di wilayah kerja Kanwil DJBC Banten terutama beberapa perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat.

“Dengan adanya FGD yang dihadiri langsung oleh Asosiasi Pengusaha Kawasan Berikat (APKB) dan perusahaan pemegang HKI (Right Holders) ini, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dalam penegakan HKI dan juga berantai tersampaikan ke pengusaha lainnya bahwa HKI ini memang sangatlah penting. Dengan turut serta peduli terhadap HKI secara tidak langsung kita semua berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian dalam negeri” pungkasnya.

Check Also

Pemuda Katolik Dorong Pemerintah Mahakam Ulu Lebih Peduli Terhadap Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

Kaltim, sketsindonews – Anastasia Hiyang diutus oleh Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Kalimantan Timur …

Watch Dragon ball super