Home / Artikel / Ragam Daerah / Ciptakan Mudik Aman Berkesan, Kapolres Sampang Pimpin Tes Urine Sopir Angkutan Umum Di Terminal Sampang

Ciptakan Mudik Aman Berkesan, Kapolres Sampang Pimpin Tes Urine Sopir Angkutan Umum Di Terminal Sampang

Kepolisian Resor Sampang dalam menyambut para pemudik yang akan berlebaran di kampung halaman sudah menyiapkan 2 pos pengamanan, 1 pos pelayanan, 1 pos pam wisata dan menyiagakan ratusan personil Polres yang siap digunakan sewaktu-waktu dalam memberikan pelayanan Kepolisian kepada pemudik.

Dari pantauan awak media beberapa hari ini sudah banyak kendaraan roda dua dan roda empat bernomor polisi luar pulau Madura melewati jalan-jalan di wilayah Kabupaten Sampang.

Meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas saat mudik lebaran idul fitri 1444 H, Polres Sampang melaksanakan tes urine kepada sopir-sopir bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan sopir bus mini di terminal trunojoyo sampang pada hari kamis tanggal 20 april 2023 siang.

Kasi Humas Polres Sampang Ipda Sujianto SH saat ditemui diruangannya (21/04) menyampaikan bahwa kegiatan tes urine kepada para sopir kendaraan umum dipimpin langsung Kapolres Sampang AKBP Siswantoro SH dengan didampingi Wakapolres Sampang Kompol Jalaludin SH serta PJU Polres Sampang.

Ipda Sujianto menjelaskan dalam pelaksanaan tes urine tersebut setiap kendaraan umum yang memasuki terminal trunojoyo sampang langsung di arahkan oleh personil Polres Sampang dan Dishub Kabupaten Sampang menuju lokasi tes urine yang berada disisi timur terminal.

Lebih lanjut dari kegiatan tes urine kepada puluhan para sopir kendaraan umum yang melintas di wilayah hukum Polres Sampang tidak ditemukan adanya indikasi penyalahgunaan narkoba, namun AKBP Siswantoro tetap mengimbau untuk tidak memakai apalagi menjual atau mengedarkan barang haram tersebut.

Ipda Sujianto menerangkan bahwa tes urine juga dilaksanakan kepada pengemudi kendaraan pribadi dan pengendara sepeda motor secara acak do pos-pos pengamanan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas sekaligus menjamin keamanan dan kelancaran para penumpang yang dibawa sopir agar selamat sampai tempat tujuan.

Selain itu tes urine sudah menjadi kegiatan rutin setiap mudik lebaran guna memberikan rasa aman kepada para pemudik dalam perjalanan menuju kampung halaman dan sebaliknya sehingga terciptanya Mudik Aman Berkesan seperti tema Operasi Ketupat Semeru 2023.

Kasi Humas Polres Sampang Ipda Sujianto kepada awak media menyampaikan bahwa sopir yang sudah mengikuti tes urine dan tidak ada indikasi memakai Narkoba akan mendapat stiker yang bertulisan Bebas Narkoba untuk ditempelkan ke kendaraannya.

(Moh Sahidi)

Check Also

Peringati Hari Batik Nasional, Ada Yang Beda di Muspusdirla

Setiap tanggal 2 Oktober, beragam lapisan masyarakat, mulai dari pejabat pemerintah, pegawai, hingga pelajar disarankan …

Watch Dragon ball super