Back

Media Terpercaya

Ciutan Warga Soal Banjir Hingga Bilang Ini Anugerah Air Melimpah

Jakarta, sketsindonews – Beragam ciutan dan komentar tentang banjir di sejumlah jalan dan lingkungan warga di Kota Jakarta untuk sekian kalinya di sejak bulan Januari – Februari 2020 banyak warga menjadi biasa namun juga ada heran terkait rumahnya selama ini tak masuk air justru sebaliknya.

Aktivis lingkungan Joko Sardjono biasa dipanggil Joko Edan dalam satu ciutan mengatakan,”Disarankan kepada pemerintah pusat maupun Pemda DKI Jakarta lebih serius utk merivitalisasi master plant RT-RW, sanksi tegas kpd perusak lingkungan dan juga perketat aturan kpd para investor.”

Banyak saran dr para ahli tetapi dlm implementasi terganjal birokrasi dan tupoksi, wewenang dan sebagai berikut:

Sebagai ocehan anak Kemayoran yang minim pengetahuan, kita bisa belajar para senior dimana Kemayoran tidak mengalami ban jir ketika Bandar Kemayoran waktu itu masih eksis.

Boyo (52) warga Jalan Panca Serdang rumahnya itu tinggi tetapi kini tak terhindar dari masuknya air hingga betis walau hanya dalam selama 4 jam surut. “Barang kami juga tak luput karena kami usaha catering ikut kerendam,” tuturnya, Sabtu (08/02/20).

Titah (45) warga RW 07, dirinya ikut evakuasi di SMK 54 bersama keluarga karena kali sentiong meluap sehingga terpaksa ngungsi walau sementara.

Lain lagi, ucapan Ikhsan (34) banjir itu biasa buat kami walau banyak juga menyatakan pemerintah untuk mengeruk kali kedalaman hingga 5 meter, karena ini menjadi antisipasi curah hujan.

Dia melihat curah hujan semakin tinggi jika saluran drainase lingkungan dikeruk tapi sisi lain kali utama tak di keruk maka luapan kali tak bisa dihindarkan seperti kami tinggal dibantaran.

“Banjir itu anugerah sehingga rumah kami menjadi bersih kami bersihkan usai air masuk dari walau ikut capek juga tapi kita ambil hikkamahnya saja,” ucap Dedeh (45).

Yuli (45) warga Cipinang Raya mengatakan, entah apa menjadi penyebab sehingga jalan yang tak pernah banjir kini semakin nampak kami terjebak untuk menuju Kantor terpaksa kami tak masuk Kantor dimana jalan jalan penuh genangan.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.