Home / Artikel / Curhat Dewan Kota Jakarta Pusat Kepada Walikota Bahas Issue Wilayah

Curhat Dewan Kota Jakarta Pusat Kepada Walikota Bahas Issue Wilayah

Jakarta,sketsindonews – Pertemuan non formal antara Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede bersama para Anggota Dewan Jakarta Pusat di RM. Ciganea Jalan Angkasa Pura Kemayoran dalam rangka membahas berbagai issue wilayah yang berkembang saat ini. (29-03-2017)

Dalam pertemuan itu selain bertukar pikiran juga dibahas persoalan warga yang berkembang khususnya diwilayah Jakarta Pusat. Salah satunya penolakan rencana pembangunan Puskesmas di Kebon Melati Tanah Abang, ujar Ardi Purnawan Sani Anggota Dewan Kota Tanah Abang.

doc.sketsindonews.com

Rencana pembangunan Puskemas Kebon Melati hingga kini ada penolakan warga, namun demikian elemen masyarakat sepertinya sangat membutuhkan puskesmas, tambahnya.

Ardi menilai, dialog antar warga harus diperluas sehingga keinginan masyarakat dapat direalisasikan apa yang menjadi harapan adanya pelayanan kesehatan pertama warga di tingkat wilayah, ujar Ardi.

Sementara Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede menjelaskan, dalam pertemuan dengan para Anggota Dewan Kota merupakan komunikasi yang terjalin antara pemerintah kota dengan Dewan Kota dalam mengatasi persoalan kewilayahan, tukasnya.

Bicara Puskesmas di Kebon Melati perkara yang tidak bisa ditunda. Itu persoalan yang sangat penting, dimana kebutuhan puskesmas di wilayah itu merupakan keharusan sesuai dengan anggaran yang sudah ada di Sudin Kesehatan Jakarta Pusat, tegasnya.

Artinya, kata Mangara kepentingan warga sangat membutuhkan realisasi keberadaan Puskesmas yang sudah lama diidamkan warga yang mendesak.

Kedua, dalam menjaga iklim yang kondusif antara pemko dengan dewan kota juga menjadi apresiasi kami yang selama ini sangat positif dalam menjalin kemitraan selama ini.

Dewan Kota Jakarta Pusat merupakan bagian dari tim asistensi Walikota dalam penyelenggaraan pemerintahan sukses pembangunan DKI Jakarta.

Jadi Dewan Kota itu jangan seperti LSM tapi mitra kerja pemko dalam memfasilitasi persoalan warga yang berkembang untuk dapat di atasi secara bersama, ujar Mangara.

Ketiga, keterkaitan issue pilikada DKI Jakarta putaran kedua diharapkan Dewan Kota juga dapat mengeliminir iklim yang baik untuk tidak ikut eforia politisasi kedua paslon dalam pemenangan.

“Apalagi melakukan legitimasi lembaga Dewan secara administratif melakukan dukungan salah satu paslon atau membetikan surat edaran provokatif ujaran kebencian, itu tidak dibenarkan.”

Mangara juga menyinggung persoalan lain keterkaitan anggaran Dewan Kota terkait anggaran sosialisasi yang kini banyak dipangkas itu bukan menjadi tanggung jawab staff kami Kabag Tapem, jelasnya.

Tapi memang begitu persoalan efisiensi anggaran yang sudah menjadi kebijakan tingkat provinsi DKI Jakarta.

Namun kata Mangara, ini bisa di komunikasikan secara baik. Dan saya akui Dewan Kota Jakarta Pusat sangat berbeda dengan wilayah lain di Jakarta yang nota bene intensitas turun kewarga sangat tinggi.

Sehingga pihaknya sangat apresiasi atas dedikasi dan loyalitas terhadap kinerja lembaga tersebut terhadap masukan dan kinerja Dewan Kota.

Oleh karena itu, “Saya berjanji persoalan usulan maupun masukan dari hasil pertemuan  di Ciganea ini akan menjadi agenda pemko Jakarta Pusat dalam membenahi persoalan anggaran dan penyelesaian wilayah, ujar Mangara.

Ditempat yang sama Ketua Dewan Kota Jakarta Pusat Ferry Iswan menyatakan, pertemuan Walikota Mangara bersama Dewan Kota Jakarta Pusat merupakan komunikasi silaturahim intensif tentunya melakukan pembahasan yang sifatnya internal Dewan Kota maupun Eksternal penamganan masalah wilayah, ujarnya.

Ini momentum, sangat strategis bukan saja karena persoalan inheren dewan kota melainkan bagaimana Jakarta Pusat mampu merekatkan sinergisitas dalam membahas persoalan dinamika yang muncul, baik mengupas program musrembang, sosial dan politik, ujar Ferry.

Hadir dalam pertemuan itu Walikota didampingi Asisten Pemerintahan Sujanto Budi Roso, Kabag Tapem Kamal, Kabag Keuangan Dodi, Camat Kemayoran Herry Purnama serta pejabat lain di tingkat kota.

reporter : nanorame

Check Also

Terpidana Mantan Jaksa Pinangki Dieksekusi ke Lapas Wanita Tangerang Banten

Jakarta, sketsindonews – Terpidana mantan Jaksa Dr. Pinangki Sirna Malasari, SH,.MH, yang terlibat korupsi dalam …

Watch Dragon ball super