Home / Berita / Metropolitan / DBHCHT Pertanian Pamekasan Capai Rp 8,8 Miliar

DBHCHT Pertanian Pamekasan Capai Rp 8,8 Miliar

Pamekasan, sketsindonews – Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di bidang pertanian di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, cukup besar. Tahun ini, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan, menerima DBHCHT mencapai Rp 8,8 miliar.

Kepala Bidang Produksi DKPP Pamekasan Achmad Suaidi mengatakan, DBHCHT pertanian tersebut dibagi dua kegiatan, pertama untuk infrastruktur Rp 3 miliar, kedua untuk alat-alat pertanian Rp 4,9 miliar.

Rinciannya untuk pembangunan infrastruktur jalan, sebanyak 30 ruas jalan di berbagai titik di Kabupaten Pamekasan. Sementara alat-alat pertanian, di antaranya 165 unit traktor tangan, pengadaan cultivator sebanyak 11 unit dan pengadaan hand suprayer sebanyak 150 unit.

Selain traktor tangan, Dinas Pertanian juga menetapkan program pemberian bantuan jenis lain, seperti pengadaan mesin rajang tembakau, pengadaan genset dan pengadaan widik tembakau.

Menurut Achmad, bantuan mesin rajang yang dialokasikan pemerintah sebanyak 20 buah, mesin genset sebanyak 20 buah dan pengadaan widik tembakau sebanyak 2.500 buah.

“Kami juga juga ada kegiatan yang berupa membangun infrastruktur jalan, jaringan irigasi, yang dibangun untuk usaha tani dan produksi tembakau,” kata Achmad Suaidi, Kamis (24/6/21).

Sebelumnya, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan, masuk di antara sembilan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pamekasan yang menerima kucuran dana dari DBHCHT 2021.

OPD lainnya, masing-masing Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMTSP-Naker), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pertanian, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waru Pamekasan. (nru/yht)

Check Also

Dirgakkum Korlantas : Kendaraan ODOL Langgar Lalin, Picu Kecelakaan

Jakarta, sketsindonews – Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan berbicara ihwal dimensi pengangkut kendaraan tidak …

Watch Dragon ball super