“Dibantu” Polisi, Wartawan Usir Sesama Wartawan Ketika Liputan

oleh
oleh
Foto ilustrasi. (Dok. Okezone)
banner 970x250

Jakarta, sketsindonews – Dua wartawan yakni dari media Pojoksatu.id (Jawa Pos Group), Firdaus dan media Publicanews.com, Bimo Putro Prihandono mendapat perlakuan tidak menyenangkan saat mengikuti acara “Workshop Divisi Humas dan Wartawan Unit Mabes Polri” di The Alana Hotel & Conference Center, Sentul, Jawa Barat, Kamis (11/10/2018).

Menurut Bimo, kehadiran mereka pada acara tersebut dipertanyakan, bahkan hingga diminta untuk meninggalkan lokasi acara. Bimo diminta meninggalkan lokasi oleh sesama wartawan berinisial “A”

banner 300x600

Sementara keikutsertaan Firdaus dipertanyakan oleh jurnalis perempuan berinisial AR di Mabes Polri, sesaat sebelum berangkat ke lokasi kegiatan.

“Intinya dia (A) bilang wartawan yang enggak ngepos di Mabes (Polri) enggak bisa ikut acara itu,” ujar Bimo, Jumat (12/10).

Bimo menuturkan bahwa persoalan terjadi pukul 01.30 WIB saat dia hendak beristirahat. Saat itu “A” menghampiri kamarnya dan kedatangan tersebut disambut baik, karena Bimo merasa kalau wartawan tersebut hanya untuk mengobrol santai.

Namun, A yang datang didampingi seorang wartawan lainnya, seorang wartawan berinisial TH, seorang polisi berpangkat Ipda dan PNS Polri justru menegaskan bahwa Bimo tidak layak ikut acara karena tidak terdaftar dalam workshop.

“Nama saya kan tulis tangan di absen, bukan kayak yang lain yang diketik. Dia juga bilang ini acara khusus wartawan yang meliput di Mabes. Kalau saya ada di sini, jadi kacau, yang lain jadi enggak datang,” papar Bimo menirukan ucapan “A”.

Mantan wartawan Harian Nonstop (The Jak/Rakyat Merdeka Group) ini, menilai dalih yang dikemukakan “A” terkesan dibuat-buat. Sebab bukan hanya dia seorang yang namanya tidak diketik panitia. Tapi ada beberapa wartawan lain pun tidak terdata dalam absensi.

Kendati begitu, imbuh Bimo, hanya dirinya yang dipertanyakan terutama diminta pergi. Padahal, kehadirannya di lokasi telah mendapat persetujuan dari PNS Divisi Humas Polri, Bindu Sirait dan Sumarmi (Mamik) selaku panitia penyelenggara acara. Termasuk sepengetahuan dari Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Syahardiantono dan staf humas lainnya AKBP Junaedi, saat mendaftar ke panitia di Mabes Polri, Kamis (11/10/2018) siang.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.