Home / Berita / Embung ITC Cempaka Mas dan Sumur Resapan Solusi Antisipasi Banjir

Embung ITC Cempaka Mas dan Sumur Resapan Solusi Antisipasi Banjir

Jakarta, sketsindonews – Antisipasi banjir genangan di jalan Bungur Raya Kemayoran dan sekitar Cempaka Mas Kodam Sumur Batu saat ini SDA Kota Jakarta Pusat lakukan solutif penanganan banjir lingkungan.

Dalam antisiapasi tersebut SDA Jakarta Pusat membuat sumur resapan di sekitar jalan Bungur, sedangkan kawasan ITC Cempaka Mas dibuat “embung” penampungan air dengan panjang kurang lebih 30 M x lebar 6 M kedalaman 3 meter hasil kolaborasi Sudin Pertamanan Kehutanan dan Sudin Bina Marga berbentuk lingkaran Taman.

Menurut Camat Kemayoran Asep Mulyaman, pembuatan sumur resapan di Bungur serta “embung” di ITC pada hakekatnya meminimalisir genangan air dalam curah hujan tinggi selain juga menyalurkan air debet tinggi untuk ditampung sementara sebelum dialirkan pada kali utama.

“Diketahui Bungur Besar Raya hanya sekejap turun tapi nanti setelah ada sumur resapan semakin baik, sedangkan embung ITC Cempaka Mas untuk bisa mengendalikan lingkungan warga Kodam Sumur Batu agar air aliran Kali Utan Kayu berlebih bisa dikendalikan sebelum dialirkan Kali Item Sentiong,” papar Asep, Jumat (19/2/21).

Entah kapan selesai pekerjaan itu tapi itu merupakan kewenangan Sudin SDA, walau semakin cepat itu lebih baik mengingat cuaca sulit diprediksi hingga menjadi satu langkah antisipasi dari banjir.

Utilitas Hambat Sumur Resapan

Sementara dalam pembuatan sumur resapan jalan Bungur Besar Raya petugas personil SDA terdiri dari 15 personil terhambat pada banyaknya utilitas kabel bawah tanah baik kabel PLN, Kabel Optic Telkom, Pipa Gas sehingga ini menjadi kendala selain kehatian, ujar Abdul Latif Admin SDA Kecamatan Kemayoran.

“Sumur resapan dipasang buis diameter 120 CM berikut pipa 10 inci untuk menyerap air kedalam tanah serta tempat penampungan air sekitar kawasan untuk tidak lagi tergenang walaupun curah hujan tinggi dengan pertimbangan Kali Ciliwung tidak tinggi,” tutupnya.

(Nanorame)

Check Also

Bekerjasama dengan Bank Mandiri, Pengurus Daerah Jalasenastri Armada I Bagikan Sembako dan Tali Asih

Bekasi, sketsindonews – Ketua Daerah Jalasenastri Armada I, Ny. Nisa Abdul Rasyid didampingi Wakil Ketua …

Watch Dragon ball super