Back

Media Terpercaya

FKUB: Sikapi Konflik Muslim – Hindu India, Kita Jaga Peran Kerukunan Antar Umat Jakarta Pusat

Jakarta, sketsindonews – eksodus warga Muslim India menjadi keprihatinan umat dunia, dimana konflik agama Hindu dan Muslim kembali pecah menjadi preseden buruk toleransi umat beragama di Negara tersebut

Bagaimana dengan konflik ini, sehingga masyarakat kita juga untuk melihat peristiwa konflik itu menjadi sebuah pembelajaran. Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Jakarta Pusat bersama peran tokoh agama ditengah masyarakat berkumpul dalam silaturahim antar umat beragama di Pura Agung Wira Satya Bhuana Komplek Paspampres Tanah Abang Jakarta Pusat sekaligus menjadi momentum Persembahyangan bersama peringatan ke 28 Tahun diresmikan nya Pura Agung Wira Satya Bhuana, pada tanggal 09 Maret 2020 bertepatan dengan bulan Purnama ke Sanga (ke 9).

Menurut Sekretaris FKUB Kota Jakarta Pusat Abdilah disela acara menyatakan, bahwa kegiatan ini menjadi ajang interaksi dan komunikasi memperkuat silaturahim serta persatuan umat beragama yang dihadiri antar pihak Muslim (Ust. Sukajan), Kristen prostetan pendeta Rory dan pendeta supit, katholik pak sony, budha pak jandi, perwakilan dari Kong uncu pak Gunawan arief.

“Cerminan konflik horizontal di India memang secara filosofis dan historis menjadi kepanjangan sejak berabad tertanam lamanya karena nilai toleransi serta kebijakan UU disana menjadi pembelajaran kita semua,” ujarnya, Sabtu (07/03/20).

Kita mayoritas DKI Jakarta adalah umat muslim tapi keberadaan lembaga FKUB yang di buat oleh pemerintah menjadi bukti bahwa persatuan antar umat beragama justru menjadi perekat.

“Kita FKUB tidak mau kasus di India menjadi sentimen rasialis di Jakarta Pusat, sikap ini harus kuatkan terlebih mengenai pertentangan agama itu sangat merugikan bagi semua pihak dari nilai nilai pancasila dan kultur Masyarakat kemajemukan kita,” paparnya.

Secara bersamaan Perwakilan Umat Hindu Jakarta Pusat menyatakan bahwa umat Hindu khususnya yang di Jakarta Pusat selalu mengedepankan dan mengutamakan Vasudeva Kutumbakam atau Semua yang ada di dunia ini bersaudara.

“Khususnya dengan saudara kami umat Muslim, agar terjaga harmonisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menjaga bingkai NKRI,” tutup Gede Perwakilan Umat Hindu.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.