Home / Traveling / Kuliner / Geliatkan UMKM Kopi, Ketua DPRD Harapkan Agenda Festival Kopi Bisa Dilaksanakan di Sumbawa

Geliatkan UMKM Kopi, Ketua DPRD Harapkan Agenda Festival Kopi Bisa Dilaksanakan di Sumbawa

Jakarta, sketsindonews – Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq, Jumat Siang (27/5) ikut bersama UMKM Kopi Sumbawa di arena Festival Kopi Tanah Air. Menurutnya Festival Kopi Tanah air ini memberikan banyak manfaat bagi pelaku UMKM (Barista) maupun Petani Kopi.

“Manfaat pertama adalah bisa mengenalkan produk kopi daerah kabupaten Sumbawa, apa keunggulan, bagaimana cita rasanya dan peluang kerjasama dalam pengembangan jaringan pemasaran kopi di level nasional”

Hal kedua di saat senggang bisa melihat langsung kemajuan inovasi kopi daerah lain ada 29 Provinsi yang ambil bagian di booth Stand Pameran, Ratusan Stand UMKM dan beragam kegiatan edukasi terhadap Produk Kopi dari sisi kemasan, rasa, penggunaan teknologi dan strategi pemasarannya.

“Disinilah para penikmat kopi bisa mencoba tester kopi dan langsung berbincang dan berdiskusi dengan barista atau penanggung jawab stand” Imbuhnya.

Melihat ramainya pengunjung dan beragam kegiatan yang di rancang dan dilaksanakan panitia Festival Kopi Tanah Air, kami berpikir bahwa edukasi terhadap mengkonsumsi kopi yang sehat dan nikmat itu perlu disebarluaskan, seperti yang digelar tadi saat minum kopi massal 1000 Cup, memberikan penyadaran untuk minum kopi sehat.

“Alhamdulillah Kopi yag dibawa dan ditampilkan oleh Provinsi NTB adalah kopi Organik yang dibudidayakan secara alami, bebas residu pestisida maupun bahan pupuk kimia sintetis. Sehingga dengan mengkonsumsi kopi Organik Sumbawa bisa membantu menjaga kesehatan,” jelasnya

“Ada dua brand yang kami jelaskan tadi kepada para pengunjung, yaitu Kopi Kades atau Kawa Desa Desa Marente Kecamatan Alas, dengan rasa original dan rempah-rempah dan Kopi Luwak Liar dan original Cofee Organik produksi madu lestari Desa Semongkat Kecamatan Batulanteh,” ungkap Rafiq yang juga penghobi Olahraga Bulu Tangkis ini.

Animo pengunjung juga tinggi. Dan menurut mereka rasa kopi Sumbawa berkelas dan sangat nikmat. Yang kedua nyaman di badan tidak membuat perut kembung atau mual. Jadi bisa menjadi terapi kesehatan, urainya.

Dari Event Nasional ini, dia melihat bahwa pergelaran serupa bisa digelar Di Kabuaten Sumbawa sebagaiman hari ini juga di Kendari juga digelar Festival Kopi dalam rangka membantu perkembangan UMKM Sumbawa.

Masih kata Rafiq, Konsep festival Kopi ini pada jelang Event MXGP of Indonesia Samota Sumbawa, kenapa tidak kita adakan dalam rangka menyambut event tersebut dengan menampilkan seluruh produk kopi Sumbawa.?. Karena ini adalah momentum yang langka, dan merupakan kesempatan emas. “Silahkan Pemerintah Daerah mengemasnya sedemikian rupa,” pungkasnya.

Di tempat yang sama ada berkunjung dari Sekretariat Balitpus DPP PDI Perjuangan Amilan Hatta bersama rombongan menjelaskan bahwa event ini adalah rangkaian HUT PDI perjuangan ke 49, dan ini adalah agenda penutup, selain untuk mengakomodasi kegiatan UMKM, dengan mengangkat aktivitas UMKM dan milinial, maka Investasi anak anak muda bisa terangkat yang ada di berbagai kota di Indonesia.

“Hal ini adalah Attensi khusus dari PDI perjuangan terhadap Potensi Sumberdaya Hayati Kopi di Nusantara. Kemudian terhadap kopi Sumbawa Diharapkan dengan agenda festival Kopi Tanah Air ini, minimal DPC Kabupaten Sumbawa dapat mentranspormasi ilmu kepada petani kopi, pedagang cafe dan kopi di Kabupaten Sumbawa. Bahwa Kopi kita perlu diremajakan, pengolahan dan sajiannya juga perlu dilakukan dengan cara yang paling baik sehingga khasiat dan cita rasa kopi dapat,” jelasnya.

Menurut Amilan, Momentum bagi kabupaten Sumbawa yang menghadapi event besar MXGP Samota Sumbawa, memberikan ruang bagi UMKM dan berperan memberikan suguhan minuman kopi yang berkualitas, nikmat dan berkhasiat bagi kesehatan.

“Hadirnya DPC dan DPD PDIP di festival ini kami berikan apresiasi dan diharapkan dapat mengorganisir UMKM yang bergerak dalam pengolahan maupun perdagangan Kopi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

( Shanty Rd )

Check Also

Danlanud SPR Pimpin Sertijab Kadispers

Jayapura, sketsindonews – Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI M. Dadan Gunawan, S.T., M.M., CHRMP …

Watch Dragon ball super