Genjot Ekonomi Rakyat Dorong Pertumbuhan Industri

oleh
oleh
Fungsionaris Partai Golkar Provinsi Jambi, Supardiono (dok. sketsindonews.com)

Oleh : Supardiono (Caleg DPRD Provinsi Jambi Partai Golkar Dapil Merangin-Sarolangun)

Kabupaten Sarolangun dan Merangin, dua bagian penting di Provinsi Jambi, Indonesia, menampilkan kekayaan budaya, alam, dan potensi ekonomi yang menarik. Terletak di bagian tengah dan barat daya Provinsi Jambi, keduanya menjadi destinasi yang menarik untuk dijelajahi dan dikembangkan.

Kabupaten Sarolangun

Sarolangun, yang berada di bagian tengah Provinsi Jambi, adalah wilayah yang memikat dengan lanskap alam yang indah dan kekayaan budaya yang beragam. Dengan mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai petani, nelayan, dan peternak, pertanian menjadi tulang punggung ekonomi Sarolangun. Sawah hijau yang terhampar luas diimbangi oleh kebun kelapa sawit dan perkebunan karet yang menjadi sumber pendapatan utama.

Kabupaten ini dikenal karena keindahan alamnya, dengan hutan-hutan hijau yang menyelimuti wilayahnya. Objek wisata seperti Air Terjun Pulau Berangin dan Taman Nasional Kerinci Seblat menarik wisatawan yang mencari petualangan alam dan keanekaragaman hayati. Monumen Tugu Keris, sebagai simbol sejarah, memberikan nuansa budaya yang kental di tengah-tengah modernisasi.

Kabupaten Merangin

Tak kalah eloknya, di sebelah barat daya Provinsi Jambi, Kabupaten Merangin menyuguhkan pesona alam yang tak kalah menarik. Dengan topografi yang beragam, dari pegunungan hingga dataran rendah, Merangin menawarkan potensi ekonomi yang cukup beragam. Pertanian dan perkebunan, terutama kelapa sawit, karet, dan padi, mendominasi sektor ekonominya.
Selain itu, tambang emas dan batu bara menjadi sektor yang memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian Merangin.

Namun, tantangan terletak pada pengelolaan pertambangan yang berkelanjutan agar tidak merugikan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.