Home / Artikel / Gubuk Liar BKB Selalu Muncul, Pemko Jakarta Pusat Akan Tertibkan Pembongkaran

Gubuk Liar BKB Selalu Muncul, Pemko Jakarta Pusat Akan Tertibkan Pembongkaran

Jakarta, sketsindonews – Pemerintah Kota Jakarta Pusat berencana melakukan penataan terhadap ratusan gubuk liar di sepanjang jalan inspeksi Kanal Banjir Barat (KBB) mulia dari wilayah Kecamatan Tanah Abang hingga Kecamatan Gambir yang di tumbuhi pemukiman gubuk liar.

Gubuk liar BKB kerap kali ditertibkan namun karena lemahnya pengawasan yang cepat gubuk – gubuk itu akhirnya tumbuh kembali hinga berjumlah ratusan dalam waktu singkat, padahal jalan itu sudah menjadi akses jalan inspeksi alternatif bagi pengendara perlintasan.

Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede membenarkan jika pihaknya akan melakukan penataan terhadap gubuk liar yang berada di sepanjang jalan inspeksi tersebut. Nantinya seluruh gubuk akan ditertibkan lantaran menempatii akses Fasilitas Umum (Fasum).

“Rencananya minggu depan akan kita lakukan penataan. Hari ini saya lapor dulu ke Gubernur DKI mengenai rencana penataan,” ucap Mangara saat di wawancarai di kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang 1, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (11 /11).

Ditempat terpisah Kasatpol PP Jakarta Pusat, Rahmat Lubis mengatakan rencana penataan akan dilakukan Senin (13/11) sesuai dengan hasil rapat yang dilakukan pada Kamis (09/11).

Apabila ada pergeseran hari dalam penataan gubuk liar tersebut pihaknya hanya menunggu perintah dari pimpinan dan segera lakukan koordinasi antar pihak, papar Lubis.

“Hasil kemarin sih infonya Senin depan. Tapi pak Wali Kota infonya hari ini baru melaporkan rencana penataannya kepada Gubernur. Kita kapan pun siap saja dalam melakukan penataan,” terangnya.

Secara terpisah Camat Tanah Abang Dedy Arif Darsono menjelaskan, pihaknya akan melakukan penertiban segera terkait gubuk liar di jalan inspeksi BKB (Banjir Kanal Barat). tuturnya.

Ini sudah kami rencanakan melihat penataan kawasan Tanah Abang telah menjadi prioritas dalam pembahasan rapat antar pimpinan sebelumnya.

Sementara pantauan sketsindonews. com dilapangan gubuk liar kini telah banyak di huni sbagai sarana tempat tinggal bagi warga yang tak jelas dengan bentuk bangunan semi permanen.

Kebanyakan mereka juga tinggal bersama keluaga walaupun tak jelas, apakah mereka warga DKI Jakarta atau pendatang luar daerah yang mencoba mengadu nasib di kawasan ekonomi daerah kawasan Tanah Abang.

reporter : nanorame

 

Check Also

Apa Kata Kang Yayat, Usia Jakarta 491 dan Persoalan Klasik Yang Tak Pernah Tuntas

Jakarta, sketsindonews – HUT DKI Jakarta ke – 491 Kota Jakarta seharusnya bukan semakin tua, …

Watch Dragon ball super