Home / Tak Berkategori / Hingga Februari, Warga Cibinong Akan Tanam Pohon

Hingga Februari, Warga Cibinong Akan Tanam Pohon

Jabar, sketsindonews – Lebih dari 150 orang yang tergabung dalam Karang Taruna, LSM dan Ormas yang ada di wilayah Cibinong bersatu merayakan Hari Tanam Pohon Sedunia. Kegiatan yang diwujudkan dengan acara penanaman pohon buah ini diadakan di sepanjang aliran sungai Kalibaru, Cirimekar, Cibinong.

“Sebagai warga asli Cibinong, kami sangat prihatin sekali melihat kota ini yang mulai tampak gersang dan tidak terawat, sehingga kesan asri dan sejuknya nyaris tidak terasa lagi. Maka kami bekerjasama dengan LSM GMBI dan beberapa Ormas lainnya berinisiatif membuat kegiatan penanaman pohon jenis buah-buahan di area sepanjang pinggir sungai Kalibaru,” ujar Ketua Karang Taruna Cibinong, Deni Suhendar kepada Berita Independent Indonesia, Sabtu (25/11).

Menurut Deni, selain memperingati Hari Tanam Pohon Sedunia, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan, dan mengembalikan kelestarian alam yang ada di sekitar kecamatan cibinong khususnya disepanjang aliran sungai Kalibaru.

“Kegiatan ini merupakan kelanjutan acara dari kegiatan bertema Observasi pembenahan aliran sungai Kalibaru tanggal 12 November lalu, dan akan selalu diadakan per 2 minggu sampai di bulan Februari dengan tujuan untuk menjadikan aliran sepanjang kalibaru ini menjadi destinasi wisata untuk masyarakat luar khususnya masyarakat cibinong,” paparnya.

Sementara ini dukungan dari pemerintah khususnya kecamatan cibinong, menurutnya belum ada. “Meski demikian, kami akan terus memberikan kegiatan yang positif serta membuktikan kepada pemerintah kabupaten Bogor dan kecamatan Cibinong bahwa keberadàan kami demi memajukan tanah kelahiran kami.” tegasnya.

Lebih lanjut Deni menambahkan, jenis tanaman yang di tanam adalah pohon jambu ktistal. “Ini kami pilih agar masyarakat kecamatan Cibinong dapat menikmati jambu ktistal secara gratis apabila sudah berbuah,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua LSM-GMBI KSM Cibinong Raya, Onne Setiawan menilai kegiatan ini sangat positif dalam membangun jiwa pemuda Cibinonguntuk memajukan daerah Cibinong.

“GMBI akan selalu mendukung atau mensuport semua kegiatan-kegiatan kepemudaan yang bersifat positif seperti kegiatan pada hari ini.Dan GMBI KSM Cibinong Raya akan selalu ada demi memajukan wilayah kecamatan Cibinongsambil mempererat tali silaturahmi sesama organisasi-organisasi kepemudaan wilayah kecamatan Cibinongdi kabupaten Bogor ini,” ujar pria yang akrab disapa bang Onne.

Onne menambahkan, kegiatan ini berlangsung sukses juga karena ada campur tangan dari beberapa Ormas, seperti Pemuda Pancasila, FBR dan KNPI kabupaten Bogor.

(*/Red)

Check Also

Pesawat di Muspusdirla Dilalap Si Jago Merah

Yogyakarta, sketsindonews – Salah satu pesawat koleksi di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala dilalap si jago Merah dan sempat membuat semua anggota Muspusdirla serta segenap pengunjung menjadi ketakutan dan panik menghadapi kebakaran hebat itu. Demikian sekilas ilustrasi simulasi Kebakaran di Museum Pesawat terbesar di Asia Tersebut.

Untuk Meningkatkan kesiagaan personel, mengamankan fasilitas dan ribuan Koleksi dari bahaya kebakaran, Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, Rabu (19/9) menyelenggarakan latihan Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat kebakaran.

Kondisi saat simulasi keadaan darurat dibuat riil dan mendekati kondisi nyata. Melibatkan sedikitnya 60 orang personil  Muspusdirla, anggota Pentak Lanud Adisutjipto, para pedagang dan anggota PK Lanud Adisutjipto. Simulasi dilaksanakan di dalam dan di luar gedung.

Kepala Muspusdirla KolonelSus Drs Dede Nasrudin disela-sela kegiatan menyampaikan bahwa simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat kebakaran ini pada hakekatnya adalah untuk membina dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan personel di jajaran Museum Dirgantara Mandala yaitu dengan cara melatih dan merefreshkan kembali pengetahuan tentang teknik pencegahan dan penanggulangan apabila terjadi kebakaran di tempat atau dilingkungan kerja.

Dia juga menambahkan hal-hal penting yang berkaitan dengan peristiwa terjadinya kebakaran, diantaranya kurangnya kesadaran tiap individu dalam mencegah terjadinya kebakaran.

Sebelum diadakan praktek dilaksanakan juga penyuluhan atau pemberian tentang teori pemadaman kebakaran dari Seksi PK Lanud Adisutjipto oleh Mayor Tek Sugeng Santoso.

Disampaikan bahwa Untuk menangani bahaya kebakaran diantarannya tidak panik saat terjadi kebakaran, namun tetaplah berusaha sebisa mungkin untuk mematikan api sebelum meminta pertolongan kepada orang lain.

Dalam simulasi kebakaran tersebut antara lain  menggunakan Fire Blanket yang dibasahi dengan air, Alpeka Portable.

Simulasi juga mendatangkan mobil pemadam kebakaran dari Lanud Adisutjipto.

(Red)

Terkait

Watch Dragon ball super