Home / Profile / Komunitas / Hobi Kamera Klasik Memang Asik

Hobi Kamera Klasik Memang Asik

sketsindonews – Banyak penghobi kolektor kamera analog yang memiliki ciri khasnya masing-masing, contohnya dunia kamera Analog ini.

Memang kamera jenis ini sudah tampak lama dari tahun 1900, tetapi dengan dengan kualitasnya yang masih sempurna dan mempercayai, maka hasil yang didapatkannya pun tak kalah dengan kamera digital.

Pada salah satu tempat di sebuah bazaar kamera analog yang bertemakan LowLight di Aksara Kemang, Jakarta Selatan. Banyak penjual kamera analog yang menawarkan harga-harga dari yang termurah hingga yang paling mahal, dari mulai sugguhan kamera analog, roll film, baju, tas, cover lagu asli, dan lain-lain yang sangat menggiurkan mata, membuat pengunjung yang datang ke bazaar kamera ingin mencicipinya satu per satu.

Dengan mengeluarkan uang yang tidak terlalu banyak pengunjung juga bisa merasakan semua jenis kamera yang terdapat pada bazaar yang terletak di Jakarta Selatan.

Salah satu pedagang dari ‘Racun Kamera’, Agung, menggelar dagangannya di bazaar LowLight, mengatakan bahwa ia merintis usahanya sendiri dan berjualan sejak tahun 2016.

Pria yang akrab disapa mas Agung ini mengambil usaha menjual kamera analog dikarenakan resikonya lebih kecil dibanding kamera dslr modern.

“aset penjualan kamera jadul merauk gocek yang tidak terlalu mahal cukup dengan modal seadanya, bisa membuahkan hasil yang memuaskan.” ungkapnya.

Apalagi setiap event yang di adakan, trend kamera jenis ini selalu berubah-ubah, jadi memang tidak bisa mematok harga tetapi hanya bisa matok jenis kamera saja. Dari mulai saat ini minat pembeli menyukai kamera jenis slr murah, pada tahun 2016 lalu minat pembeli masih menetap di jenis kamera pocket.

Harga kamera yang paling murah 500 ribu rupiah untuk kamera ricoh yang bisa ditemukan tahun 2018.

Pengunjung yang hadir juga merasakan kesenangannya, tempat yang bersih dan nyaman untuk leluasa memilih dan melihat produk yang di jual di baazar LowLight tersebut.

Tidak hanya itu salah satu pengunjung bernama Hendri tinggal di Kelapa Gading, mengungkapkan bahwa ia hadir di bazaar ini karena ketertarikannya terhadap Analog fotografinya. “Analog itu membantu saya banget untuk bisa lebih belajar fotografi dengan cara mengatur diri saya,” Ujar Hendri.

“Analog fotografi ini juga menurut saya yah,memang digital saja itu ingin mengikuti gaya analog ‘film’, jadi menurut saya inilah maksimal dari fotografi, setelah itu di bazaar inilah tempatnya perkumpulan orang-orang yang suka dengan hobinya atau sejalan dengan pemikirannya,” lanjutnya.

Hendri tertarik dengan Kamera Analog ini sejak tahun 2016, tetapi ia mengatakan menyukai hobi ini hanya sekadar baca-baca saja, karena ia masih belum yakin dengan pilihan yang di lakukan. kamera yang dipilih berfungsi atau tidak, dan sudah meliha-lihat di toko online tentang harga-harga yang dicantumkan.

Hanya saja kesimpulan yang dibuat masih belum yakin dengan yang akan dipilih.

Hingga akhirnya Hendri menemukan Bazaar kamera analog yang mewujudkan jati dirinya.

Jauh dari jangka resiko, kamera analog memang jarang untuk terkena resiko parah, “untuk resiko pastinya tidak yah, karena saya juga beli kamera analog pun juga harganya tidak semahal dengan kamera digital, kamera digital pecah yah dibetulinnya juga hampir sama dengan harga si kameranya dibandingkan kamera analog, Aduuuhh…Rusak misalkan jatoh rusak gitu pecah, rusaknya gitu juga kita mau ganti kamera gampang tinggal beli di bazaar atau toko kamera analog juga ada.” Tutur mas Hendri.

Ia menyempatkan dirinya datang untuk ke bazaar kamera analog ini untuk melihat-lihat produk yang baru dan mencoba mencari teman yang se-hobi, tetapi dengan waktu yang terbatas ia akhirnya bisa memuaskan hatinya.

Bahwa di tahun 2018 daya minat pembeli kamera analog masih cukup banyak, kamera analog masih di gandrungi oleh orang-orang, dan minat kamera analog ini tak hanya orang tua saja yang menyukaimya. Memang kamera jadul ini juga di gemari oleh khalangan anak muda yang menyukai hobinya atau kariernya.

(Dede Rizky Permana / Politeknik Negeri Jakarta)

Check Also

Jelang Tuntutan Korban Minta Terdakwa Ijazah Palsu ‘Ditahan’

Jakarta, sketsindonews – Memasuki babak akhir kasus ijazah palsu di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN …

Watch Dragon ball super