Home / Berita / Hunian Di Kebon Kosong Terbakar, Sumber Api Akibat Usaha Las di Tengah Warga

Hunian Di Kebon Kosong Terbakar, Sumber Api Akibat Usaha Las di Tengah Warga

Jakarta, sketsindonews – Sebanyak 35 petak rumah hunian padat serta usaha tinggal di jalan Dakota IV RT 05 – RW 08 Kelurahan Kebon Kosong Kecamatan Kemayoran ludes seketika pada pukul 17.00, Rabu (10/3/21) sore tadi.

Kepada sketsindonews warga mengatakan, sumber api dari salah satu tempat usaha las, yang diperparah karena disekitar banyak bahan yang mudah terbakar.

Menurut Plh. Lurah Kebon Kosong Alfalas mengatakan, sebanyak 20 unit mobil berusaha memasedamkan api rumah – rumah non permanen rentan mudah terbakar sehingga api itu dalam waktu singkat merambat hunian padat.

“Saat ini api sudah dapat dijinakan dengan baik sambil kami terus mendata warga rumah terbakar secara pasti dan jumlah keluarga,” jelasnya.

Sementara Kasudin Damkar Gulkamat Jakarta Pusat Asril Rizal mengatakan, banyak kasus kebakaran karena lemahnya pengawasan hunian terhadap aliran listrik selain pula meremehkan kekuatan kabel tidak standar.

Terlebih banyaknya colokan dalam satu jaringan (instalasi) menjadi beban aliran tidak cukup, itu menjadi persoalan awal percikan api pada hunian padat.

“Faktor kedua yakni ; gas menjadi rawan terlebih usaha pengelasan listrik itu perlu kewaspadaan dalam kerja hingga tidak di pikirkan pada tingkat safety pada pekerjaan,” paparnya.

“Usia kabel juga terbatas sehingga perlu kontrol dengan baik bagi pemilik usaha atau hunian dijadikan usaha untuk secara ketat memenuhi SOP kerja, jika tidak menjadi kerawanan penyebab terjadinya kebakaran,” tutup Asril.

Hadir dalam proses pemadaman api Camat Kemayoran Asep Mulyaman bersama Kapolsek Kemayoran Kompol Imam Irawan beserta unsur lain melakukan antisiapasi dampak kebakaran bagi warga terkena musibah.

Api sudah dapat dipadamkan sekitar jam 19.00 termasuk pendinginan lokasi oleh Tim Damkar, belum diketahui warga untuk saat ini akan didirikan posko tenda atau warga diungsikan sementara di panti Werdha milik Dinas Sosial.

(Nanorame)

Check Also

Ada Konten Membahayakan, Ketua DPD RI Minta Pemerintah Tegur TikTok

Bangkalan, sketsindonews -Aksi tawuran sekelompok anak di bawah umur yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur …

Watch Dragon ball super