Ini 5 Pimpinan KPK Yang Baru

Jakarta, sketsindonews – Komisi III DPR menggelar pemungutan suara atau voting untuk memilih pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Voting yang dipimpin oleh Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin dari Fraksi Partai Golkar tersebut diikuti 56 anggota dari Komisi III.

Dimulai pukul 00.00 WIB, Jumat (13/9/19) Voting yang dilakukan secara terbuka tersebut, dilaksanakan dengan setiap peserta melingkari nama pimpinan yang dipilih pada kertas yang telah disiapkan.

Seperti diketahui, ada sepuluh calon yang telah lolos menjadi Capim KPK periode 2019-2023, seperti Johanis Tanak (jaksa), Alexander Marwata (wakil ketua KPK), Firly Bahuri (Kapolda Sumsel), I Nyoman Wara (auditor BPK), Lili Pintauli Siregar (advokat) Luthfi Jayadi Kurniawan (dosen), Nawawi Pomolango (hakim), Nurul Ghufron (dosen), Roby Arya Brata (PNS Setkab) dan Sigit Danang Joyo (PNS Kementerian Keuangan).

Setelah melalui proses yang cukup lama dan sempat di skors akhirnya diketahui jumlah suara untuk masing-masing capim KPK, seperti berikut:

– Alexander Marwata 53 suara
– Firli Bahuri 56 suara
– Johanis Tanak 0 suara
– Luthfi Jayadi Kurniawan 7 suara
– Roby Arya Brata 0 suara
– Lili Pintauli Siregar 44 suara
– Nurul Ghufron 51 suara
– Sigit Danang Joyo 19 suara
– Nawawi Pomolango 50 suara
– I Nyoman Wara 0 suara

“Dengan ini terjaring lima, Nawawi, Lili Pintauli, Nurul Ghufron, Alexander Marwata, dan Firli Bahuri,” ujar Azis Syamsuddin.

Selanjutnya para capim KPK yang dipilih DPR ini nantinya akan dibawa ke paripurna DPR. Setelahnya DPR akan menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melantik pimpinan KPK periode 2019-2023.

(Eky)