Home / Traveling / Ini Dia Calon Penerima Anugerah Pesona Indonesia 2016
Foto istimewa

Ini Dia Calon Penerima Anugerah Pesona Indonesia 2016

Jakarta, sketsindonews – Prival Sector yang menggelorakan atmosfer pariwisata semakin kuat menciptakan suasana kondusif di industri ini. Seperti yang dilakukan Ayojalanjalan.com yang akan menggelar Anugerah Pesona Indonesia 2016 (API 2016) pada tanggal 16 September 2016 mendatang. Tujuannya membangun kompetisi yang sehat menjadi destinasi yang terbaik dan level dunia.

“Terima kasih kepada penyelenggara dan semua yang mendukung acara ini, tentu semua ini dilakukan demi meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Penyelenggaraan API juga untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing,” ujar Asdep

Pengembangan Segmen Pasar Personal Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Raseno Arya.
Seperti diketahui, peluncuran resmi kegiatan Anugerah Pesona Indonesia itu sendiri sudah dilakukan 25 Mei 2016 dan periode pemilihan (voting) dilakukan antara 23 Mei 2016 s/d 23 Agustus 2016. Kegiatan penutup rencananya dilakukan 16 September mendatang.

Dalam gala dinner nanti akan dilakukan penyerahan penghargaan bagi destinasi atau obyek wisata yang paling banyak terpilih. Penghargaan itu sendiri diharapkan oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya kepada Kepala Daerah (Gubernur, Bupati, Walikota) dimana destinasi atau obyek wisata tersebut berada.

Salah satu wilayah yang banyak mendapatkan award adalah Lampung (lebih lengkap lihat grafis). Wisata Pulau Pahawang di Kabupaten Pesawaran mendapat nominasi di kategori Surga Tersembunyi Terpopuler (Most Popular Hidden Paradise). Pesona bawah laut Pahawang dinilai memukau dan mampu menarik perhatian wisatawan, untuk menyelam dan menengok keindahan terumbu karang beserta ikan-ikan indah di dalamnya.

Nominasi berikutnya, Pantai Tanjung Setia di Lampung Barat yang masuk dalam kategori Tempat Berselancar Populer (Most Popular Surfing Spot). Untuk yang satu ini sudah jadi rahasia umum, kalau ombak Tanjung Setia jadi primadona surfer internasional karena ombaknya yang memanjakan. Terakhir adalah Teluk Kiluan di Tanggamus yang dinominasikan dalam kategori Tujuan Wisata baru Terpopuler (Most Popular New Destination).

“Surat dari panitia API sudah masuk sepekan lalu. Dan ini kejutan dan di luar prediksi,” ujar Rahmad Hariadi Kepala Bidang Dinas Pariwisata dan ekonomi Kreatif Provinsi Lampung.

Hariadi pun berharap nominasi ini dapat didukung masyarakat Lampung. Sehingga wisata Lampung tadi bisa meraih juara sekaligus kian dikenal masyarakat secara nasional.

Pada penyelenggaraannya, API dimulai dengan mengajak masyarakat untuk memilih destinasi ataupun obyek wisata yang terbaik ataupun terpopuler menurut pendapat mereka. Dari hasil pemilihan masyarakat tersebutlah akan didapatkan destinasi atau obyek wisata terpopuler pada 10 kategori yang diberikan.

Setelah pelaksanaan pemilihan ditutup, maka penyelenggaraan API diakhiri dengan malam Penghargaan API yang dikemas dalam bentuk Gala Dinner. Pada saat itu, akan dilakukan penyerahan penghargaan bagi destinasi atau obyek wisata yang paling banyak terpilih.

Penghargaan itu sendiri rencananya akan diberikan oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia kepada Kepala Daerah (Gubernur, Bupati, Walikota) dimana destinasi atau obyek wisata tersebut berada. Jika tidak ada halangan penyerahan penghargaan akan di berikan pada 16 September 2016 mendatang. (*)

Check Also

Tiga Pantai Di Ambon Yang Akan Memanjakan Mata Anda, Fotografer Pasti Suka

Ambon, sketsindonews – Mengunjungi ibu kota Maluku yakni Ambon kita akan dihadapkan dengan berbagai hal …

Watch Dragon ball super