Back

Media Terpercaya

Jakarta Semi Lockdown Tangani Covid – 19, Apa Dampak Bagi Pekerja Harian??

Jakarta, sketsindonews – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya mengeluarkan Surat Edaran Nomor : 02/SK/2020 terkait penyesuaian sistem kerja pegawai dalam mencegah Covid-19 di lingkungan pemerintah DKI Jakarta bagi para SKPD terkit termasuk layanan publik (PTSP) terkecuali surat Kematian warga.

Begitu pula transaksi bank juga sudah diberlakukan sehingga ini menimbulkan satu kuatiran warga Jakarta dalam menghadapi tantangan Covid -19.

Pengamat Urban Kota Nirwono Joga menyatakan, tindakan Pemprov DKI Jakarta sepertinya sudah lakukan tindakan semi lockdown. “Namun harus diingat, harus dipertimbangkan matang tidak bisa gegabah melakukan satu kebijakan tanpa mencari solusi,” pungkasnya, Senin (16/3/20).

“Hanya pemerintah pusat yang berhak memutuskannya (lockdown) bukan pemda DKI,” tambah Joga.

Ia mengatakan bahwa dampak dari mengatasi dampak Covid – 19 pastinya ada berdampak parah secara ekonomi, seperti pekerja para pekerja harian cleaning service, satpam, tukang parkir, supir, serta PKL.

“Mereka sudah pasti tak berdiam diri dirumah dalam waktu lama selain mereka tidak dapat penghasilan, mau makan apa mereka sementara pemda DKI Jakarta tidak punya dana untuk menanggung kerugian itu, nasib saudara-saudara kita ini yang sering terlewatkan dalam kebijakan ini juga harus dipikirkan bukan hanya pekerja kantoran,” tandasnya.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.