Home / Artikel / Jalan Pejambon Beralih Fungsi, Jalur Hijau Tumbuh Kontrakan

Jalan Pejambon Beralih Fungsi, Jalur Hijau Tumbuh Kontrakan

Jakarta, sketsindonews – Camat Gambir Kota Jakarta Pusat Fauzi bersama Lurah Abdul Salam meninjau lokasi warga yang akan di bongkar menjadi jalan tembus di Jalan Pejambon Raya.

Lokasi yang terletak di RT 01,RT 02 RW 01 ternyata selain jalur hijau juga terdapat saluran (gorong-gorong) yang sudah mampet untuk dinormalisasi kembali sebagai fungsinya.

Dalam penyusuran sketsindonews.com, kamis (08/9), kawasan itu merupakan kepemilikan dari pihak Gereja Emanuel yang sejak puluhan tahun di huni beberapa warga, namun fungsi itu telah berubah karena tumbuh rumah kontrakan warga.

Menurut Ibu Risma(50) yang sejak tahun 1957 tinggal di kawasan pejambon mengakui, dulu tempat tersebut merupakan jalur hijau selain ada gorong saluran, tapi kini sudah tertutup, makanya sekarang air itu balik kembali menjadi air tak jalan normal.

“Kini juga tumbuh bagi hunian menyimpanan gerobak pedagang nasi goreng, ketoprak sebagai tempat transit pedagang sebelum berangkat berdagang,” ujarnya.

Sementara Camat Fauzi yang di dampingi Lurah Gambir Abdul Salam mengatakan, tetap akan berkordinasi dengan Tata Ruang dan Tata Air Kota Jakarta Pusat dalam mengembalikan kawasan pinggiran kali menjadi akses jalan.

“Koordinasi jalan tembus nanti kami koordinasi dengan pihak Kostrad karena jalan ini harus di buka kembali, sementara ini kan di tutup tembok, maka harus kita bongkar,” tuturnya.

Lurah Gambir Abdul Salam menambahkan, pernah melakukan pemeriksaan bersama Sudin Tata Air mengenai saluran, ternyata iya, gorong itu telah di mampet oleh bangunan, sehingga air balik kembali yang seharusnya mengalir langsung di Kali Ciliwung.

“Ada prioritas yang kami harus bongkar, selain bangunan diatas saluran juga dibangun RTH (Taman) kita bangun kembali untuk memperindah kawasan jalan inspeksi,” paparnya.

Kawasan ini sudah banyak beralih fungsi oleh pemanfaatan tinggal, sementara menjadi kumuh rumah tinggal kontrakan warga yang di komersilkan.

“Kami belum tahu jelas, apakah ini benar asset Gereja Emanuel, kami masih mempelajari informasi yang berkembang di masyarakat, Tapi memang ada pihak yang di berikan tinggal menempati rumah milik Asset Gereja Emanuel hingga sekarang. (Nr)

Check Also

Sky Bridge Tanah Abang Ujian Pejabat Yang Terlibat Dalam Menuntaskan PKL

Jakarta, sketsimdonews – Menata “Sky Bridge’ (JPM) hingga kini masih polemik apalagi menjamin sterlitas kawasaan …

Watch Dragon ball super