Back

Media Terpercaya

Jaminan Kesehatan Itu Sangat Penting, Kita Tak Tahu Sakit Itu Datang

Jakarta, sketsindonews – Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan selain wajib bagi seluruh masyarakat Indonesia juga merupakan hak bagi setiap orang untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak dan meningkatkan martabatnya menuju terwujudnya masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur.

Hal ini juga diyakini dengan baik oleh Farah Chairatul Fajriyah (26), seorang pekerja swasta dan mahasiswi dan juga pekerja penerima upah di Kota Jakarta Barat ini.

“Menurut saya, jaminan kesehatan itu sangat penting untuk memberikan perlindungan bagi diri sendiri serta untuk berjaga-jaga jika terserang sakit secara tiba-tiba karena sakit tidak pernah dapat diduga datangnya”, ungkapnya, Sabtu (01/02/20).

Program JKN-KIS ini merupakan jaminan kesehatan yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Farah mengetahui harga pelayanan kesehatan saat ini semakin besar dan memiliki jaminan kesehatan merupakan solusi yang baik untuk mengatasi harga tersebut. Farah dengan mantap menyebutkan selama ini iuran yang ia bayarkan tiap bulannya yang dipotong dari gajinya setiap bulan dianggap masih terjangkau dengan manfaat yang sangat banyak.

Sehingga Farah menganjurkan kepada masyarakat untuk tidak ragu-rabu menjadi Peserta Program JKN-KIS. “Ini pengalaman saya dan saya lakukan karena untuk menjaga jika sewaktu – waktu sakit itu tak bisa dihindari,” katanya.

“Saya pribadi sadar walaupun masih muda saya harus terus menjaga kesehatan, karena sakit tidak tahu kapan akan datang, menyerang. Jadi kalau misalkan saya terserang penyakit, saya sudah memiliki jaminan untuk biaya berobatnya, mengingat biaya pelayanan kesehatan sudah cukup mahal,” ujar Farah.

Ketika sakit, Farah yakin ia tidak perlu khawatir mengenai biaya pelayanan kesehatan yang ia butuhkan. Sehingga, ia maupun keluarganya tidak perlu khawatir lagi dengan biaya karena semuanya dijamin oleh BPJS Kesehatan melalui Program JKN-KIS.

“Dan itu pernah saya alami pula menjadi peserta Program JKN-KIS, saya pernah mejalani perawatan di rumah sakit dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat saya terdaftar. Farah menjalani rawat jalan untuk benjolan yang ada di sekitar dada saya,” ucap Farah.

Farah menuturkan selama menjalani perawatan baik di FKTP maupun di rumah sakit,ia mendapatkan pelayanan yang memuaskan dan tidak mengalami kendala sama sekali.

Oleh karena itu, Farah mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa menjaga pola hidup sehat supayaterhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Farah juga berpesan agar masyarakat yang belum menjadi peserta dapat segera mendaftarkan dirinya dan keluarganya pada Program JKN-KIS sehingga mereka memiliki perlindungan kesehatan kapanpun dan dimanapun mereka berada.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.