Home / Berita / Nasional / Jokowi Perintahkan Usut Tuntas Kasus Brigadir J, Polri Bilang Begini

Jokowi Perintahkan Usut Tuntas Kasus Brigadir J, Polri Bilang Begini

Jakarta, sketsindonews – Kasus penembakan Brigadir J di rumah Kadiv Propam Polri nonaktif Inspektur Jenderal (Irjen) Ferdy Sambo masih menjadi bahan perbincangan berbagai kalangan, tak terkecuali Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi meminta kasus tersebut diusut tuntas dan transparan untuk menjaga kepercayaan publik kepada institusi Polri.

“Saya kan sudah sampaikan, usut tuntas. Buka apa adanya. Jangan ada yang ditutup-tutupi. Transparan. Sudah,” tegas Jokowi di Pulau Rinca, NTT, Kamis (21/7/22).

Jokowi menilai, publik harus mengetahui setiap tahapan penanganan perkara, sehingga proses itu bisa dikontrol.

“Itu (transparansi penanganan perkara) penting untuk agar masyarakat tidak ada keragu-raguan terhadap peristiwa yang ada. Ini yang harus dijaga, kepercayaan publik terhadap Polri harus dijaga,” ucapnya.

Disisi lain, Polri merespon perintah dari Jokowi dan menegaskan bakal bekerja secara transparan dan tidak akan menutupi penanganan kasus kematian Brigadir J di kediaman Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo masih bekerja secara maksimal untuk menelaah perkara kematian Brigadir J.

“Tim masih bekerja maksimal,” ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (21/7/22).

Dedi mengatakan saat ini tim khusus masih menyelidiki rekaman video kamera pengawas (CCTV) yang telah ditemukan dari sekitar dugaan tempat kejadian perkara (TKP) kematian Brigadir J.

Selain itu, ia menyampaikan rekaman CCTV tersebut nantinya juga akan ditunjukkan kepada tim eksternal seperti Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Komnas HAM.

“Teknis dan metodenya laboratorium forensik yang paham. Nanti kalau sudah selesai akan disampaikan,” tuturnya.

Check Also

Pembentukan Pelaksana Tugas Komite Fatwa Produk Halal, Guru Besar UIN Jakarta Sebut Sesuai dengan Hukum

Keberadaan Pelaksana Tugas Komite Fatwa Produk Halal yang dibentuk Menteri Agama sebagai tindak lanjut Pasal …

Watch Dragon ball super