Home / Berita / Kaki Seorang Santri Di Amputasi, Karena Di Pukuli
Foto ilustrasi

Kaki Seorang Santri Di Amputasi, Karena Di Pukuli

Kuala Lumpur, sketsindonews – Seorang santri Malaysia yang kakinya diamputasi setelah diduga dipukuli oleh seorang staf, mungkin juga harus kehilangan lengannya, kata dokter.

Anak lelaki umur 11 tahun itu dipukuli pada Maret lalu oleh seorang asisten pengasuh di sebuah madrasah swasta, kata laporan media.

Kutipan dari buku harian anak tersebut, yang diterbitkan di media Malaysia, menggambarkan dugaan perlakuan buruk yang sistematis.

Sang korban sekarang dalam keadaan koma dan asisten pengasuh yang dituduh memukulinya telah ditangkap.

Polisi sedang memeriksa rekaman CCTV yang menunjukkan dugaan tindak kekerasan tersebut.

‘Hukuman kelompok’

Pada Jumat (21/04) lalu, kedua kaki anak tersebut diamputasi untuk menghentikan infeksi. Keesokan harinya dia menjalani operasi karena darah di salah satu tangannya membeku, lapor berbagai surat kabar.

Bibi anak itu mengatakan kepada surat kabar New Straits Times bahwa para dokter di sebuah rumah sakit di Kuala Lumpur memantau bekuan darah di bahu kirinya.

Jika keadaannya tetap seperti itu, dia harus menjalani amputasi pada lengannya pula, katanya.

Anak laki-laki itu serta 14 teman sekelasnya diyakini telah dipukuli dengan selang air pada tanggal 24 Maret dengan alasan terlalu berisik saat berada di gedung madrasah tersebut, kata polisi.

Catatan hariannya menyebut bahwa jika seorang siswa membuat kesalahan di madrasah di Kota Tinggi, Malaysia bagian selatan itu, seluruh kelompok akan dihukum.

Dikatakan, mereka sering rela dipukuli di giliran awal, sehingga mereka bisa tidur cepat karena harus bangun pukul tiga pagi untuk salat subuh.

Federasi Asosiasi Lembaga Tahfiz Al-Quran Nasional (Pinta), sebuah kelompok payung untuk berbagai pesantren, madrasah dan sekolah agama, mengatakan telah melihat rekaman CCTV yang menunjukkan bahwa anak laki-laki itu sedang dipukuli telapak kakinya.

Betapa pun, presiden Pinta, Mohd Zahid Mahmood, mengatakan kepada wartawan bahwa masyarakat tidak perlu terburu-buru mengambil kesimpulan, namun mengizinkan pihak berwenang menyelesaikan penyelidikan mereka.

Pemerintah telah berjanji untuk lebih mengawasi madrasah dan sekolah-sekolah agama, yang selama ini dikecualikan dari berbagai pemeriksaan pemerintah. (Sumber: detik.com)

Check Also

Nurhasan Inisiasi Konflik Pembebasan Lahan Pelabuhan Patimban Menjadi Prioritas Nasional

Subang, sketsindonews – Rombongan kunjungan kerja spesifik dari komisi V DPR RI, didampingi oleh kementerian perhubungan, kementerian PU, dirjen perhubungan laut, dan lainnya sampai di Pelabuhan Patimban, Subang, Jumat (22/9), kedatangan mereka disambut langsung oleh PLT Bupati Subang.

Tujuan kunjungan spesifik ini yaitu memastikan berjalannya segala perangkat dalam pembangunan pelabuhan Patimban. Pelabuhan ini diharapkan dapat memberi support pada pelabuhan Tanjung Priok.

Kunjungan ini diinisiasi oleh anggota DPR RI di dapil tersebut, yaitu Nurhasan Zaidi. Ia menyebutkan pembangunan ini berpotensi meningkatkan perekonomian jangka panjang masyarakat Subang.

“Jelas meningkatkan ekonomi, namun hal penting dan tujuan saya pribadi datang kesini yaitu untuk menyelesaikan konflik pembebasan lahan,” ujarnya.

Masyarakat mengeluhkan harga pembebasan lahan yang kurang layak. “Saya anak petani disini merasa harga yang diajukan sangat murah,” kata salah satu warga.

Nurhasan menyepakati dan menanggapi bahwa harga Rp. 300 ribu itu tidak pantas ditukar dengan lahan disini yang sangat subur.

“Kami sepakat dengan modernitas, namun masyarakat harus tetap jadi prioritas, insya Allah kami akan perjuangkan sekuat tenaga” tambah politisi PKS ini.

Hasil dari kunjungan ini akan dibawa pada pembahasan terakhir di DPR, sebagai keputusan final. “Kunjungan ini saya inisiasi dan semoga masyarakat melihat keseriusan kami yang ingin menyelesaikanya,” tambah Nurhasan.

“Kami mengubah jadwal yang sebelumnya ke Lombok menjadi ke Patimban karena kami sudah jadikan ini sebagai prioritas nasional,” tutup Nurhasan.

(Red)

premium free themes Terkait

Watch Dragon ball super