Home / Artikel / Karang Taruna Dapat Dana Hibah, Lurah Harus Selektif Beri Bantuan

Karang Taruna Dapat Dana Hibah, Lurah Harus Selektif Beri Bantuan

Jakarta, sketsindonews – Karang Taruna akan mendapatkan dana hibah Pemprov DKI Jakarta melalui Sudin Sosial di Tingkat Kota masing – masing sebagai dana pembinaan yang ada di setiap Kelurahan serta Unit RW.

Sumber yang diterima sketsindonews. com masing – masing penerimaan tingkat kota akan mendapatkan dana hibah sebesar 65 juta, sementara untuk tingkat Kecamatan mendapatkan 10 juta, serta tingkat Kelurahan mendapat 20 juta rupiah.

Dana hibah itu bukan hanya untuk dipergunakan dalam penguatan kelembagaan tapi mendorong percepatan wira usaha KUBE (Kelompok Usaha Bersama Ekonomi) yang ada di wilayah Kelurahan.

Sementara Direktur Executive Lembaga Pemantau Penyimpangan Aparatur Negara (LP2AD) Victor Irianto Napitupulu menyatakan, dana hibah bukan semata harus diberikan secara cuma – cuma namun juga harus tepat sasaran kepada prioritas Karang Taruna yang aktif serta punya prospek, ujarnya.(19/12)

Sementara banyak Karang Taruna yang melempem alias mati suri atau terjadi pengurusan yang tak jelas terhadap beberapa SK yang bermasalah, ini harus di clearkan dulu agar tak terjadi preseden buruk bagi Sudin Sosial.

Kata Victor Sudin Sosial harus mempunyai ketegasan bukan karena bagi – bagi duit akhirnya menjadi polemik, selesaikan dulu kepada SK yang jelas dari Lurah atau Kecamatan secara legalitas.

“Usaha KUBE dari beberapa wilayah perlu juga di evaluasi apakah ini punya prospek dimasa mendatang atau dalam sepekan bangkrut karena tata kelola tidak punya jiwa entreprenership dalam usaha.”

Sudah banyak bantuan sosial bagi Karang Taruna hanya menjadi bancakan pengurus karena lemahnya kontrol dari pihak Sudin Sosial, yang selama ini entah kemana rimbanya baik barang dengan mengarang SPJ yang tidak ada objeknya secara faktual.

Lurah juga untuk selektif dan tidak memberi seenaknya jika Karang Taruna tak aktif, buat apa mendingan balikin saja ke kasda, agar pihak Lurah sebagai pemegang anggaran tak menjadi persoalan baru, tegas Victor.

reporter : nanorame

 

 

 

 

Check Also

Rabu Tertib : Pemuda “Cogan” Stress Meronta Diangkut Petugas, 9 Gelandangan Warga Daerah

Jakarta, sketsindonews – Gelandangan, pedagang asongan dan anak terlantar dalam giat Rabu Tertib Kecamatan Sawah …

Watch Dragon ball super