Home / Artikel / Kasus Ahok Bisa Timbulkan Reaksi Masyarakat

Kasus Ahok Bisa Timbulkan Reaksi Masyarakat

Jakarta,sketsindonews – Menyikapi kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur non aktif Basuki Tjahyadi Purnama alias Ahok pihak Mabes Polri sudah pada babak baru dengan pemanggilan para saksi ahli untuk didengar pendapatnya dalam gelar perkara.

Polri telah menerima 14 laporan polisi dan 1 surat pengaduan. Pihak Polri juga telah melakukan proses penyelidikan sejak diterimanya laporan pada tanggal 6 Oktober 2016 telah mendapatkan keterangan melalui proses interview kepada 29 saksi dan 39 ahli.

Menurut pengamat hukum pidana Abdul Fickar Hadjar dari Universitas Trisakti kepada sketsindonews.com mengatakan, jika Ahok jadi tersangka dalam hasilnya dalam kesimpulan gelar perkara, maka tuduhannya atau deliknya adalah penodaan agama (pada pasal 156a KUHP), ini sudah di atur dalam KUHP, ujarnya.

Sebagai calon Gubernur dalam.pasangan pasangan calon Ahok tidak gugur, karena menurut UU Pemilu yang gugur adalah narapidana yang dijatuhkan hukuman dengan ancaman pidana 5 tahun yang sudah dalam putusan pengadilan mempunyai kekuatan hukum tetap.

Fickar menambahkan, hasil gelar perkara apapun pihak kepolisian harus sudah siap, jika Ahok ditetapkan menjadi tersangka maka akan ditingkatkan dalam penyidikan.

Namun hal ini, apabila kalo dibebaskan polisi harus siap menghadapi reaksi masyarakat, yang sesungguhnya berharap kasus ini dapat di lakukan sesuai keadilan hukum tanpa ada kaitan politis, tutup Fickar. (Nr)

Check Also

Sebanyak 533 Taruna Akmil Kunjungi Mueum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Yogyakarta, sketsindonews – Sebanyak 533 taruna tingkat 1 dan IV Akademi Militer, Minggu (26/5) mengunjungi …

Watch Dragon ball super