Home / Berita / Metropolitan / Kelompok Tani di Pamekasan Dapat Ajukan Proposal Bantuan DBHCHT

Kelompok Tani di Pamekasan Dapat Ajukan Proposal Bantuan DBHCHT

Pamekasan, sketsindonews – Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, akan memfasilitasi kelompok tani untuk dapat merasakan manfaat bantuan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di bidang pertanian.

Kepala Bidang Produksi Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan Achmad Suaidi mengatakan, semua kelompok tani berhak mendapatkan bantuan DBHCHT, berupa alat-alat pertanian.

“Sebab bantuan alat di bidang pertanian ini, tentu akan disalurkan kepada kelompok tani. Syaratnya bisa mengajukan proposal permohonan bantuan,” kata Suaidi, Sabtu (3/7).

Sedikitnya, kata dia, ada 365 unit alat pertanian yang akan disalurkan kepada masyarakat. Alat tersebut bermacam-macam, mulai dari mesin perajang, pompa air, dan alat semprot pertanian.

Rinciannya, 165 unit alat pertanian untuk mendukung sarana dan prasarana, 20 unit mesin perajang, 30 unit pompa air, dan 150 unit alat semprot pertanian.

Selain itu ada program DBHCHT di bidang pertanian untuk mendukung kualitas bahan baku atau sekolah lapang. Bantuan ini akan menyasar kepada 10 kelompok tani.

“Kemudian ada DBHCHT pertanian di bidang infrastruktur. Dalam program ini sedikitnya ada 29 titik infrastruktur pertanian yang akan dibangun pemerintah melalui dana DBHCHT,” tuturnya.

Sebelumnya, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan, masuk di antara sembilan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pamekasan yang menerima kucuran dana DBHCHT 2021. DBHCHT di bidang pertanian ini mencapai Rp 8,8 miliar.

Delapan OPD lainnya, masing-masing Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan, RSUD Waru, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Kepala Bagian Sumber Daya Alam, Kepala Bagian Perekonomian, Kantor Bea Cukai, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan.

(nru/skt)

Check Also

TNI AL LANAL BABEL Laksanakan Vaksinasi Di Atas Perahu Nelayan KBN Dusun Sukal Desa Belo Laut

Babel, sketsindonews – Lanal Bangka Belitung Posal Muntok kembali melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis kedua bagi …

Watch Dragon ball super