Kemenhub Kerjasama Dengan Perguruan Tinggi

oleh
oleh
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (Posisi tengah). (Dok. Humas Kemenhub)

Jakarta, sketsindonews – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi minta agar Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan sebagai bagian penting dari Kementerian Perhubungan harus mengakomodasi pengembangan teknologi transportasi.

“Saya minta Badan Litbang bekerja sama dengan perguruan tinggi dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) agar merespon hal-hal yang berkaitan dengan kemajuan teknologi transportasi,” tegas Budi ketika membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Badan Litbang Perhubungan Tahun 2017 di kantor Kemenhub Jakarta, Kamis (30/3).

Dia menambahkan, agar dalam merespon kemajuan teknologi juga dilakukan dengan berhati-hati sehingga dalam menerapkan teknologi di bidang transportasi, masyarakat bisa mendapatkan jaminan bahwa produk-produknya baik dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Oleh karena itu peran Badan Litbang sangat penting dan saya minta setiap kebijakan transportasi yang akan ditetapkan didasari oleh hasil penelitian,” jelasnya.

Dikatakan, salah satu contoh kehati-hatian adalah adanya perusahaan bernama Hyperloop yang ingin mengajukan MoU dengan Kementerian Perhubungan. Namun dinyatakan harus dilakukan penelitian terlebih dahulu. Mengingat di negara asalnya Amerika Serikat, Hyperloop baru melakukan uji coba pelayanan transportasi sejauh 8 km.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.