Back

Media Terpercaya

Kenali Penyakit ‘Gerd’ Dan Cara Pencegahannya

Jakarta, sketsindonews – Sejumlah mahasiswa dari Universitas 17 Agustus 1945 gelar penyuluhan terkait penyakit Gerd, di RPTRA Kampung Indah Lestari, Sunter Agung, Jakarta Utara, Sabtu, (25/01/20).

Diketahui Moh. Rizki Syahputra, Andi Aulia Fajerin, Welda Syerviah, Khoirunnisa, Yona Anthyka, Moh.ikbal, Aldy Faraizy Alfian, Desi Susanti, Elwis Rika Ningsih, Fadlun Duengo, dan Liana Lestari melakukan kegiatan tersebut selain untuk masyarakat juga sebagai upaya untuk memenuhi tugas mata kuliah Farmakologi Terapan dengan Dosen Pembimbing, Dr. Diana Laila Ramatillah, M. Farm., Apt.

Penanggungjawab kegiatan, Rizki Syahputra mengatakan bahwa target dari kegiatan tersebut adalah masyarakat umum dan lebih khusus Ibu PKK Sunter Agung, Jakarta Utara.

“Memberikan upaya promotif pada masyarakat agar bertambah wawasan dan
masyarakat mengetahui serta mengenali tentang gerd dan upaya pencegahan penyakit Gerd,” jelasnya.

Selain kepada masyarakat, Rizki mengatakan bahwa kegiatan tersebut juga bermanfaat kepada mahasiswa yakni untuk menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa.

“Pengembangan ilmu pengetahuan dan menjalankan kegiatan mahasiswa yang tercantum dalam tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat dalam upaya promotif mengenai Gerd,” ujarnya.

“Agar masyarakat mengenal mahasiswa Profesi Apoteker 17 Agustus serta memperkenalkan Profesi Apoteker kepada masyarakat,” tambah Rizki.

Secara singkat Rizki menjelaskan bahwa Gastroesophagial Reflux Disease atau Gerd adalah penyakit lambung yang ditandai dengan rasa terbakar atau rasa panas di dada akibat naiknya asam lambung, hal ini biasa diakibatkan beberapa faktor contohnya seperti makanan yang di konsumsi sehari hari.

“Dalam melakukan pencegahan penyakit ini tentunya tergantung dari individu itu sendiri seperti mengganti pola makan dengan makanan yang sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan menghindari makanan seperti makanan yang terlalu pedas, berminyak atau berlemak,” pungkasnya.

(Eky)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.