Home / Artikel / Kesbangpol DKI : Siswa Diharapkan Menjaga Tatanan Budaya Sebagai Ketahanan Nasional

Kesbangpol DKI : Siswa Diharapkan Menjaga Tatanan Budaya Sebagai Ketahanan Nasional

Cisarua, Bogor – sketsindonews, Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan dialog interaktif dalam tema “Membangun Semangat Cinta,Seni dan Budaya Angkatan IV Tahun 2018” yang secara resmi telah di buka langsung Plt.Kepala Badan Kesbangpol Provinsi DKI Drs. Taufan Bakri M.Si, di Cisarua, Bogor Jawa Barat.

Menurut Taufan Bakri yang di dampingi Kasubbid Ketahanan Ekonomi, Seni, Budaya Yayuk Hari S menyatakan, kepersertaaan dialog di ikuti 120 peserta permateri yang di ambil dari unsur perwakilan sekolah yang ada di DKI Jakarta, ucapnya. (11/9)

Tujuan dari kegiatan ini diharapkan agar peran generasi muda khususnya siswa/i SMA/SMK/MA untuk lebih mencintai budaya, karena budaya sendiri merupakan satu identitas bangsa yang harus dilestarikan secara sungguh.

Agar budaya tidak hilang begitu saja tentunya dengan menjaga identitas nilai kebudayaan sebagai sumber karakteristik bangsa yang besar seperti Indonesia yang sangat beragam.

“Tentunya dalam melestarikan nilai budaya pemerintah dan masyarakat untuk secara bersama terutama kalangan generasi muda sebagai generasi penerus bangsa”, tandas Taufan.

Peran generasi muda juga harus bisa menjaga nilai budaya tadi dengan rasa nasionalisme, pasalnya agar budaya bangsa ini untuk tidak di claim oleh bangsa lain atau negara asing.

Taufan juga menyinggung, pengaruh kebudayaan asing tidak dapat dicegah karena kita berada di era globalisasi (pasar bebas), maka dari itu kita Bangsa Indonesia harus terus melestarikan dan mempertahankan budaya yang kita miliki dari pengaruh dominasi budaya asing yang tanpa filterisasi.

Harapannya peran generasi muda atau para siswa untuk menyadari sebagai penerus bangsa untuk bisa lebih bangga atas budaya yang dimiliki yang temurun hasil pembauran nenek moyang selain menambah ilmu pengetahuan serta menjadikan ketahanan daerah.

Salah satunya wilayah DKI Jakarta untuk terus menyatukan nilai budaya menjadi ketahanan, persatuan dari perkembangan budaya yang ada tetap di lestarikan tujuannya terciptanya pembangunan budaya menjasi ketahanan ekonomi, sosial dan kultur secara bermartabat, terang Taufan.

reporter : nanorame

Check Also

DPLN Solmet d Taiwan Gelar Deklarasi Pemenamgan Jokowi – Mahruf Amin

Jakarta, sketsindonews – Ratusan warga Indonesia dari berbagai kalangan di Taiwan menggelar deklarasi dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf …

Watch Dragon ball super